Pasar Kamu Kawan Lama Gelar Prosesi Adat Melayu Hempang Batang  

Prosesi adat Melayu Hempang Batang.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Wisata kuliner Pasar Kamu Kawan Lama Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang mengelar prosesi adat Melayu Hempang Batang, Minggu (14/11/2021).

Prosesi Hempang Batang dengan istilah prosesi mempertemukan pengantin laki-laki dan wanita dengan mengunakan adat Melayu ini merupakan program pihak wisata kuliner Pasar Kamu untuk menghibur para pengunjung.

Prosesi yang digelar ini bukan mempertemukan pengantin Melayu yang sebenarnya . Ini hanya peragaan untuk memperkenalkan budaya Melayu dan tata cara mulai penjemputan pengantin, penyambutan serta mendudukkan di pelaminan.

Puluhan pengunjung pun tampak antusias mengikuti prosesi yang diperagakan anggota pengelola wisata tersebut. Acara pun tambah meriah takala perwakilan pengantin laki-laki dan wanita berbalas pantun sambil perang bunga rampai.

Pengelola Kuliner Pasar Kamu, Dedi Sopian mengatakan, prosesi adat Melayu Hempang Batang ini merupakan program pihaknya untuk memperkenalkan adat perkawinan budaya Melayu kepada pengunjung.

“Ini juga bagian dari untuk menghibur para pengunjung sambil mencicipi kuliner tradisional yang ada di sini,” sebutnya.

Memperkenalkan budaya Melayu ini merupakan program pihak Pasar Kamu. Sebelumnya sebulan lalu juga telah mengelar peragaan pelaksanaan perkawinan adat budaya Jawa.

“Ini kami lakukan untuk membuat inovasi -inovasi serta edukasi tentang adat budaya kita. Semoga apa yang kami suguhkan ini dapat menambah pengetahuan para pengunjung tentang tata cara adatperkawinan, sekaligus menjadi hiburan,” papar Dedi. (Idris)