Pasca Sidak, Radiapoh Sinaga Perintahkan Inventarisasi Peralatan Kesehatan RSUD Tuan Rondahaim  

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga memberikan pengarahan pada para pegawai RSUD Tuan Rondahaim.

Simalungun, Lintangnews.com | Pasca inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga ke RSUD Tuan Rondahaim, Selasa (8/6/2021), mengeluarkan instruksi agar dilaksanakan inventarisasi (pendataan) seluruh peralatan kesehatan dan sarana lainnya di Rumah Sakit (RS) dimaksud.

“Saya minta untuk dilakukan inventarisasi sarana dan peralatan kesehatan di RSUD Tuan Rondahaim,” kata Radiapoh, Rabu (9/6/2021).

Pendataan yang diminta Bupati, dimulai ketika RS itu masih berada di gedung lama di Pematang Raya dan setelah dipindahkan ke Batu XX, Kecamatan Panei.

“Pendataan harus detil, dari sebelum pindah dan setelah berada di Batu XX. Saya ingatkan, jangan ada yang tidak terdata. Yang hilang pun harus dicatat,” kata Bupati.

Sebelumnya, ketika sidak, radiapoh sudah menyampaikan dengan tegas, RSUD Tuan Rondahaim akan dipindahkan kembali ke tempat semula di Pematang Raya.

“Ibukota kabupaten harus mempunyai RS. Saya tidak paham, kenapa RS ini harus dipindahkan ke Batu XX. Jadi RSUD Tuan Rondahaim harus kita kembalikan. Gedung yang ditinggalkan itu masih bagus untuk RS,” katanya.

Saat sidak, Bupati juga menyampaikan kejengkelannya karena tidak adanya perawatan dan kebersihan di RS milik Pemkab Simalungun itu. Bahkan, di hadapan Direktur RSUD Tuan Rondahaim, Debora Haloho, Bupati memberikan sejumlah uang untuk membeli kain pel agar RS plat merah itu dibersihkan.

“Ini uang pribadi saya, belikan kain pel dan kalian bersihkan RS ini,” kata Radiapoh. (Rel/Zai)