Pasien BPJS Kesehatan Diterima, RSU HKBP Balige Mulai Diminati Warga

RSU HKBP Balige.

Tobasa, Lintangnews.com | Sempat terputus dalam menerima pasien dengan menggunakan kartu BPJS Kesehatan, Rumah Sakit Umum (RSU) HKBP Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) sepi pasien yang datang untuk berobat.

Tetapi sejak tanggal 4 April 2019, kerjasama dengan BPJS Kesehatan, mmebuat RSU HKBP Balige kembali di kunjungi pasien.

Plt Direktur RSU HKBP Balige, Nelson Sinurat menyampaikan, sejak tanggal 4 April dibuka kerjasama dengan BPJS Kesehatan, sehingga Rumah Sakit (RS) mulai dikunjungi pasien untuk melakukan perobatan.

“Meskipun, pasien yang datang ke RSU HKBP Balige belum pulih ramainya seperti semula, namun ada peningkatan yang signifikan. Sebab kita salah satu RS yang bisa diandalkan di Tobasa,” sebut Nelson. Kamis (11/4/2019).

Seperti hari ini, ada 31 orang pasien melakukan pengobatan rawat jalan dan 50 pasien umum menggunakan BPJS Kesehatan. Dari yang biasanya datang berobat sekitar 12-15 orang saja.

“Belum normalnya pasien datang disebabkan rujukan dari Puskesmas masih tertuju ke RSU Porsea. Sebab rujukan berlaku per triwulan. Jadi wajar pasien masih melakukan perobatan ke RSU Porsea sesuai rujukan,” ucap Nelson di ruang kerjanya.

Nelson menuturkan, grafik perubahan peningkatan pasien akan terlihat di bulan Juni nanti. Ini setelah rujukan dari Puskesmas diberlakukan kembali.

“Maklum lah kita bekerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan baru hitungan hari,” pungkas Nelson.

Terpisah, salah seorang pasien, N Siahaan mengatakan, dirinya senang dibukanya kembali kerjasama BPJS Kesehatan dengan RSU HKBP Balige. Menurutnya selain murah, RSU HKBP Balige sepertinya serasi baginya dan keluarga berobat.

“Ini termasuk lokasinya sejuk dan asri, serta mendukung kebersihan selalu dijaga untuk kenyamanan pasien yang datang berobat,” kata Siahaan. (asri)