PDI-Perjuangan Siantar Buka Posko Peduli Berbagi untuk Warga Terindikasi Kurang Mampu yang Terpapar Atau Isoman

Ketua DPC PDI-Perjuangan Siantar, Timbul Lingga didampingi para pengurus saat menggelar konferensi pers

Siantar, Lintangnews.com | Sebagai wujud kebersamaan kepada masyarat, DPC PDI-Perjuangan Kota Siantar melalui salah satu sayapnya yakni Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) menyikapi kondisi terkait meningkatnya kasus Covid-19.

“PDI-Perjuangan Siantar hadir untuk saling bergotong royong, dan saling membantu bersama elemen masyarakat untuk memutus mata rantai Covid-19,” sebut Ketua PDI-Perjuangan Siantar, Timbul Lingga saat menggelar konferensi pers di kantornya di Jalan Ricardo Siahaan, Sabtu (31/7/2021).

Dijelaskan Timbul, pihaknya akan melakukan Baguna peduli berbagi, yang nanti akan menginventarisir masyarakat yang terpapar Covid-19 atau sedang melakukan isolasi mandiri (isoman).

“Harapan kami bisa bersinergi untuk saling bergotong royong, itu lah tujuan memunculkan Baguna peduli berbagi. Sebagai wujud kebersamaan PDI-Perjuangan bersama pemerintah dan rakyat bertekad untuk memutus mata rantai Covid-19. Kita yakin Covid-19 segera berakhir,” ujar Ketua DPRD Siantar ini.

Ia menuturkan, Baguna peduli berbagi ini mengedepankan kemanusiaan, solidaritas dan semangat gotong-royong, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kami juga mengajak masyarakat bersama pemerintah untuk memutus Covid-19. Karena kita yakini, virus ini harus ditangani oleh semua elemen, bukan hanya pemerintah” tuturnya.

Dijelaskan Timbul, partainya akan memberdayakan jaringan struktur partai sampai tingkatan terendah untuk mendapatkan masyarakat yang terpapar dan menjalani isoman.

“Untuk posko, kita buka di kantor DPC. Kita juga telah membuat spanduk yang di dalamnya ada kontak person. Nanti bisa disampaikan ke situ,” tandasnya sembari menyampaikan bantuan yang diberikan atas seleksi dan prioritas, artinya ada penilaian sendiri dari PDI-Perjuangan bantuan apa yang harus diberikan sesuai dengan keadaan yang terpapar.

Ditambahkan Astronout Nainggolan selaku Ketua Baguna PDI-Perjuangan Siantar, pihaknya bergotong royong bersama seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menanggulangi bencana Covid-19 .

PDI Perjuangan melalui Baguna memberikan kepedulian dan berbagi warga yang terpapar dan melakukan isoman di rumah terindikasi kurang mampu.

“Ada kami temukan satu keluarga terpapar Covid-19 dan tidak mungkin keluarga itu mengurus sendiri. Atas dasar itu, kami merasa terpanggil untuk bergotong royong bersama masyarakat, dan membuka kerja sama dengan elemen yang lain sebab Covid-19 adalah musuh bersama,” terang anggota Komisi III DPRD Siantar ini.

Didorong rasa keprihatinan ini, sambung Astronout, partainya melakukan suatu aksi kemanusiaan yang bisa mendukung pemerintah. “Setiap warga terpapar Covid-19 yang dilaporkan kepada kami, akan identifikasi sesuai dengan kebutuhannya. Tidak semua bantuan ini akan merata, namun menurut kepentingan dan situasi dari warga yang terpapar Covid-19,” ujar Astronout.

Lanjutnya, dalam memberikan bantuan bagi warga yang terpapar dan menjalani isoman, Baguna akan mengelompokkan sesuai kebutuhan, baik itu bantuan makanan dan membutuhkan vitamin.

“Perlu diinformasikan, berdasarkan laporan yang disampaikan pada kami, warga yang terpapar itu mayoritas tertular di acara pesta dan dari luar kota. Sebab itu kita minta agar kegiatan-kegiatan kerumunan dihentikan, kalau tidak penting jangan dulu ke luar rumah dan luar kota,” tutup Astronout.

Hadir pada kesempatan itu, sejumlah fungsionaris Fraksi PDI-Perjuangan DPRD Siantar mulai dari Suandi Apohman Sinaga selaku Ketua, Imanuel Lingga, Baren Alijoyo Purba, Ferry SP Sinamo serta sejumlah pengurus DPC seperti Nurhayati Siregar, Mangasi Purba, Juniar Hutapea dan lainnya. (Elisbet)