Pekan Olahraga Kelurahan 2023 se-Tebingtinggi Ditutup, Rantau Laban Juara Umum

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Pekan Olahraga Kelurahan se-Kota Tebing Tinggi yang berlangsung sejak tanggal 08 September 2023 yang lalu secara resmi ditutup oleh Penjabat (Pj) Wali Kota, Syarmadani Jumat (15/9/2023) di GOR Asber Nasution BP7.

Kelurahan Rantau Laban berhasil meraih juara umum. Disusul dengan Kelurahan Persiakan diurutan kedua dan dan Kelurahan Deblod Sundoro juara tiga.

Pada laga penutupan ini, terlihat animo masyarakat sangat tinggi untuk menyaksikan pertandingan dan penutupan Pekan Olahraga Kelurahan yang digelar KONI Tebing Tinggi bersama dengan Pemko setempat.

Syarmadani mengungkapkan rasa bangga, apresiasi dan terima kasih kepada panitia dan semua pihak yang telah terlibat, sehingga acara dapat berlangsung dengan lancar dan meriah.

“Meski kita mau berkompetisi, suasana tetap terjaga sangat kondusif. Kepada atlit, kami harap, tidak merasa cepat puas. Kiranya bisa mencapai prestasi yang lebih tinggi lagi,” kata Pj Wali Kota.

Dalam kesempatan tersebut,  Syarmadani mengundang pengurus NPC (National Paralympic Committee). Menurut Pj Wali Kota, para atlit penyandang disabilitas juga tidak kalah berprestasi dengan atlit pada umumnya.

“Banyak prestasi yang sudah dicapai, emas dalam kejuaraan catur, juara 1 panahan bahkan juara internasional di Malaysia. Kami kira NPC ini bisa menjadi juga motivasi kita terutama juga bagi saudara-saudara kita (disabilitas), yang berada di kelurahan yang mempunyai semangat seperti NPC namun belum tahu NPC mohon bergabung,” harapnya.

Di akhir, kepada juara dalam defile (acara pembukaan), Pj Wali Kota berharap agar peserta semakin kreatif dan semakin kompak di tahun akan datang.

“Mudah-mudahan Kota Tebing Tinggi semakin jaya dan kepada masyarakat kami mengucapkan terima kasih. Kita tutup Pekan Olahraga Kelurahan Kota Tebing Tinggi dengan mengucapkan Alhamdulillahi Rabbil Alamin. Terima kasih,” tutupnya.

Ketua KONI Tebing Tinggi, Anton dalam sambutannya mengatakan awal dimulainya Pekan Olahraga Kelurahan ini adalah merupakan hasil diskusi untuk memajukan Kota Tebing Tinggi, khususnya di bidang olahraga.

“Apa yang mau kita buat di Kota Tebing Tinggi ini. Akhirnya kita memiliki ide, bagaimana kalau kita buat Pekan Olahraga, tapi kita buat antar kelurahan dan hal ini kami sampaikan kepada Bapak Pj. Wali Kota, beliau mengapresiasi untuk terselenggaranya ini,” ungkapnya.

Ujarnya lebih lanjut, Pekan Olahraga Kelurahan ini memperebutkan piala bergilir Wali Kota dan melihat tingginya animo masyarakat, oleh karena itu event ini akan diselenggarakan setiap tahunnya.

Anton menambahkan, Pekan Olahraga Kelurahan ini adalah yang pertama dilaksanakan di kabupaten/ kota Sumatera Utara.

“Ini satu prestasi sama kita, sebagaimana sebagai pelopor untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Kelurahan. Dan kita juga sudah memiliki fisioterapi yang itu akan berguna bagi atlet kita ke depan,” tutupnya.

Senada, Ketua Panitia, Humala Siagian dalam laporan mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemko Tebing Tinggi, KONI dan semua pihak yang turut terlibat, sehingga Pekan Olahraga Kelurahan ini bisa berlangsung dengan lancar dan baik.

“Ini tak lepas atas dukungan dari semua pihak termasuk pihak kepolisian yang memberikan rasa aman dan nyaman,” katanya.

Adapun juara 1 untuk tenis meja diraih Kel Persiakan, juara 2 Kel Bandar Sakti dan juara 3 Kel Tebing Tinggi.

Juara 1 bola voli diraih Kel Rantau Laban, juara 2 oleh Kel Tambangan dan juara 3 diraih Kelurahan Berohol.

Untuk juara 1 bulu tangkis diraih Kel Deblod Sundoro, juara 2 Kel Bagelen dan juara 3 diraih Kel Tanjung Marulak.

Sementara juara 1 futsal diraih Kel Bandar Utama, juara 2 Kel Satria dan juara 3 diraih Kel Sri Padang.

Lalu, juara untuk defile (kreatif, inovasi tim Kelurahan dalam acara pembukaan) diraih Kel Tebing Tinggi sebagai juara 1, juara 2 Kel Karya Jaya dan juara 3 Kel Tambangan Hulu. (Purba)