Pekerja Bongkar Temukan Sabu, Humas PKS PT SJS Hatonduhan Lepaskan Pemiliknya

Ilustrasi sabu.

Simalungun, Lintangnews.com | Humas Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Sawita Jaya Sejahtera (SJS) di Nagori Buntu Bayu, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun, Januar Sinaga melepas pemilik narkotika jenis sabu yang berhasil ditemukan para pekerja bongkar, Jumat (22/3/2019) sekira pukul 13.00 WIB.

“Bukannya menangkapkan dengan cara melaporkan ke Polsek Tanah Jawa, Humas PKS malah melepaskan pemilik sabu yang berhasil ditemukan pekerja bongkar. Itu setelah antara pemilik dengan Humas membuatkan surat pernyataan,” ucap sumber, Sabtu (23/3/2019).

Menurut sumber, tindakan itu sudah melindungi. Sementara diketahui persoalan narkoba adalah musuh utama negara.

“Ini pasti ada apa-apanya, sebab Humas PKS nekad melepaskan pemilik sabu, Somat. Dia (Somat) itu pekerja sortasi di PKS tersebut,” tambah sumber.

Menurut sumber, awalnya pekerja bongkar menemukan sabu sebanyak 4 paket besar, saat pekerja sortasi, Somat berupanya menyembunyikan barang haram itu setelah mengambilnya dari dalam truk tranportasi PKS yang baru masuk ke lokasi perusahaan.

Selanjutnya pekerja bongkar membawa barang yang telah disembunyikan Somat ke pos jaga. Salah seorang petugas security bernama Amir menyatakan benda itu adalah narkotika jenis sabu. Selanjutnya melaporkan ke Komandan Pleton (Danton) Erbin Siringo-ringo.

Danton lalu melaporkan ke Humas PKS. Tak beberapa lama, Januar Sinaga datang ke PKS dan memanggil Somat. Akhirnya Somat mengakui sabu itu berasal dari Tebingtinggi.

Selanjutnya Januar Sinaga membuatkan surat pernyataan yang isinya barang haram itu adalah benar milik Somat. Pembuatan surat pernyataan itu disaksikan Kapos Hatonduhan, Aiptu Girsang Sinaga. Usai surat pernyataan dibuat, Somat disuruh melarikan diri.

“Persisnya sekira pukul 19.00 WIB, ada 3 orang petugas Polsek Tanah Jawa datang dan mungkin dipanggil Kapos. Namun petugas kesal, sebab Humas dan Kapos tidak menyerahkan pemilik, hanya narkotika itu diserahkan,” ucap sumber.

Ketiga petugas pun pergi meninggalkan PKS tersebut. Sementara Januar Sinaga terlihat pergi ke arah Tanah Jawa, namun kurang pasti apakah ke Polsek atau tidak. Hanya saja Januar Sinaga pulangnya subuh hari.

Informasi dihimpun dari pihak Polsek Tanah Jawa, membenarkan adanya peristiwa penemuan sabu di PKS PT SJS. “Itu benar informasinya dan barang bukti ada dititipkan ke Mako Polsek,” ucap sumber di Kepolisian.

Sementara Januar Sinaga dan Aiptu Girsang Sinaga yang disebut sumber menerima upah bulanan pengamanan PKS, belum berhasil dimintai konfirmasi. Ini mengingat nomor kontak person keduanya belum diperoleh. (zai)