Pelajar SMA/MK Sergai Raih Juara Umum Kejurnas Tako Indonesia 2019

Para pelajar Sergai yang meraih juara umum di Kejurnas Tako 2019.

Sergai, Lintangnews.com | Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Utara melalui UPT Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) yang berkantor di Sei Rampah mengapresiasi prestasi yang ditorehkan siswa-siswi SMA/MK di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Pasalnya, tim Tako Sergai berhasil meraih juara umum Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate-do Tangan Kosong (Tako) tahun 2019.

Hal ini disampaikan Kepala UPT Cabdisdik Sei Rampah, Yeddy Effendi Sipayung Kamis (14/3/2019) dan mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya atas keberhasilan tersebut. Menurutnya, yang sudah diraih siswa-siswi SMA/MK di Sergai merupakan perwujudan dari visi Gubenur Sumatera Utara (Gubsu) yakni, Maju, Aman dan Bermartabat.

“Prestasi yang diraih sudah merealisasikan motto dari UPT Cabdisdik Seirampah yakni ‘Kreatif, Inovatif dan Berprestasi. Mereka juga telah mewujudkan misi dari Gubsu khususnya di bidang pendidikan yakni, terpelajar, berdaya saing, berkolaborasi, berkarakter dan bermartabat,” sebut Yeddy.

Dirinya juga meminta para Kepala Sekolah (Kepsek) yang hadir agar mempersiapkan anak didik dalam rangka menyambut Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN).

“Tak hanya itu, saya juga menegaskan agar para Kepsek tetap membimbing anak-anak kita dalam persiapan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),” paparnya.

Yeddy juga berharap, prestasi yang diraih dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah di daerah lain untuk lebih berprestasi di masa mendatang.

Ketua Umum Perguruan Karate-do Tako Sergai, Lando Rajagukguk memaparkan, ada 12 orang atlit yang merupakan siswa-siswi SMA/MK Sergai dikirim untuk memperkuat kontingen Sumut mengikuti Kejurnas tersebut.

Adapun nama-nama siswa SMA/MK asal Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat yang berhasil meraih prestasi yakni, Elsa Evitasari Siregar (SMA Negeri 1 Tanjung Beringin) meraih juara I kumite +56 kg junior putrid an Julia Antasari Purba (SMA Negeri 1 Tanjung Beringin) juara II kumite -55 kg senior putri. Keduanya juga berhasil meraih juara III beregu kumite senior putri.

“Selanjutnya siswa SMK Negeri 1 Dolok Merawan yakni, Dyaksa Ageng WR meraih juara I kata perorangan junior putra, Windy Setiadika juara I kata perorangan senior putra, juara I kumite -60 Kg senior putra dan juara II Kumite beregu senior putra,” sebut Lando yang juga Kepsek SMKN 1 Dolok Merawan.

Selain itu, ada 5 orang siswa-siswi SMKN 1 Dolok Merawan yang meraih prestasi yakni, Random Rahifah juara II kata perorangan senior putri, Imam Auliya juara II kumite +84 kg senior putra dan Gerald Rajagukguk juara II Kumite -67 kg senior putra.

Selanjutnya pelajar dari SMKN 1 Dolok Merawan, Rizky Fadli meraih juara 3 kata perorangan junior putra, serta Budi Pekerti Togatorop juara 3 kumite -55 kg senior putra dan juara 2 komite beregu senior putra.

Lando juga mengucapkan terima kasih kepada pembina karate Sergai yakni, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), Jabal Nur, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), Joni Walker Manik dan Janter Siregai yang ikut serta memberi andil, sehingga atlit-atlit karate Sergai dapat meraih prestasi dan meraih juara. (purba)