Pelajar SMK Lampung dan Palu Ikuti Program Pelatihan FIF Group Explore

Sebanyak 47 pelajar terpilih dari ratusan peserta yang mendaftar akan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan FIF Group Explore 2021.

Jakarta, Lintangnews.com | PT Federal International Finance (FIF) atau FIF Group yang merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk, melalui Human Capital Recruitment, Talent and Career Managemen (HC-RTCM) Department bekerja sama dengan Corporate Social Responsibility (CSR) Department menggelar sebuah program tahunan bertajuk “FIF Group Experience Learning For Students(Explore) 2021”.

Lampung dan Palu menjadi kota pilihan dalam pelaksanaan program itu, setelah tahun sebelumnya dilaksanakan di Kota Medan dan Semarang.

Melalui program ini, seluruh peserta akan mendapatkan pelatihan persiapan yang menyesuaikan dengan kebutuhan pada dunia kerja di FIFGroup yang akan diselenggarakan mulai bulan Septemberhingga November 2021.

Program ini memiliki tujuan untuk membantu mengembangkan kompetensi siswa/siswi yang menjadi target peserta pada kegiatan ini, dengan rangkaian acara yang dilaksanakan terdiri dari In Class Training, Virtual Training, dan Graduation Ceremony.

Program ini resmi diselenggarakan pada Rabu (22/09/2021) secara virtualyang dibuka langsung oleh Human Capital Division Head FIFGroup, Arlien Virginia Jonathan.

Arlien menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen FIF Group untuk mendukung program pemerintah dalam menurunkan angka pengangguran di Indonesia.

Berdasarkan data terakhir yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS), per Februari 2021, mencatat terjadi peningkatan jumlah pengangguran di Indonesia sebanyak 8,75 juta orang. Ini jika dibandingkan bulan Februari 2020 yang sebanyak 6,93 juta.

Jika melihat jumlah pengangguran dari tamatan pendidikannya, SMK masih menjadi pengangguran yang paling tinggi jika dibandingkan tamatan dengan lainnya, yaitu sebesar 11,45 persen.

“Pada program ini FIF Group bekerja sama dengan SMKNegeri 2 Palu dan SMK Negeri 4 Lampung dengan melakukan proses seleksi, hingga terpilihnya 47 orang pelajar terbaik untuk bisa mengikuti rangkaian kegiatan ini. Dari 47 pelajar, bagi mereka yang dinyatakan lulus selama mengikuti program tentunya akan mendapatkan sertifikat dan berkesempatan besar bisa menjadi karyawan FIF Group,” kata Arlien.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMK Negeri 2 Palu, Kasman turut hadir pada opening ceremony itu, mengucapkan terima kasih kepada FIF Group yang telah memberikan kesempatan khususnya kepada pelajar mengikuti program itu.

“Saya berharap dengan adanya program ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua,” kata Kasman.

Sementara Kepsek SMK Negeri 4 Lampung, Dewi Ningsih mengatakan, program ini membantu pelajar untuk bisa mengembangkan potensi dan pengetahuannya lebih luas lagi.

“Tentu ini sangat bermanfaat bagi para pelajar terpilih yang berkesempatan mengikuti kegiatan ini hingga akhir program berlangsung,” sebutnya.

Program ini diharapkan menjadi salah satu inisiatif baik dan cerminan bagi seluruh perusahaan di Indonesia dalam mendukung program pemerintah, yaitu ‘Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh’ dengan mempersiapkan tenaga kerja dari pelajar SMK agar menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. (Rel)