Pembekalan dan Fasilitasi Uji Sertifikasi, Bupati Asahan Minta Ikuti Kegiatan dengan Baik 

Bupati Asahan, Surya menyematkan helm pelindung pada perwakilan peserta.

Asahan, Lintangnews.com | Bupati Asahan, Surya didampingi Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh diwakili Taufik Alamsyah membuka pelaksanaan kegiatan pembekalan dan fasilitasi uji sertifikasi kompetensi tenaga kerja konstruksi, Selasa (5/10/2021).

Kegiatan itu merupakan kerja sama Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Asahan, Selasa (5/10/2021).

Sekretaris Dinas PUPR, Suratno dalam laporannya menyampaikan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang jasa konstruksi yang berkelanjutan, agar menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang produktif dan kompeten.

Lebih lanjut Suratno menjelaskan, kegiatan diikuti 43 orang peserta dari Dinas PUPR, Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) dan Dinas Pendidikan (Disdik).

“Seluruh peserta akan dilatih serta diberikan pembekalan oleh instruktur dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan dari Politeknik Negeri Medan,” jelas Suratno.

Taufik Alamsyah mengingatkan, perlunya tenaga kerja memiliki sertifikat, sesuai amanat Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

Sementara itu Bupati, Surya, menyampaikan, kegiatan pembekalan dan uji sertifikasi tenaga konstruksi ini merupakan salah satu upaya pembinaan terhadap masyarakat jasa konstruksi dalam meningkatkan kompetensi, profesionalisme dan produktifitas.

Surya juga mengatakan, sebagaimana amanat UU Nomor 2 Tahun 2017 pada pasal 70 menyebutkan, setiap tenaga kerja yang bekerja di bidang jasa konstruksi wajib memiliki sertifikat kompetensi kerja. Selain itu, setiap pengguna jasa atau penyedia jasa konstruksi wajib mempekerjakan tenaga kerja konstruksi yang memiliki sertifikat kompetensi kerja.

“Pemkab Asahan melalui Dinas PUPR mulai tahun ini akan terus mengadakan kegiatan pembekalan dan fasilitasi uji sertifikasi tenaga konstruksi secara bertahap,” paparnya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati menghimbau kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya, agar apa yang menjadi harapan yaitu memiliki SDM di bidang jasa konstruksi yang handal dan profesional, berkompeten dan mempunyai sertifikat dapat terwujud. (Heru)