Pemberhentian Hefriansyah dan Togar Sitorus telah Sampai di Pemprovsu

Kantor DPRD Siantar.

Siantar, Lintangnews.com | Pemberhentian Wali Kota, Hefriansyah dan Wakil Wali Kota, Togar Sitorus terus bergulir.

Usai paripurna yang dilakukan oleh DPRD Siantar, dokumen pengusulan pemberhentian menjelang akan berakhirnya masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota periode 2017-2022, sudah berada di tangan Biro Otonomi Daerah (Biro Otda) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu).

Eka Hendra selaku Sekretaris DPRD Siantar saat ditemui di kantornya menuturkan, sejumlah berkas yang diserahkan ke Pemprovsu, seperti risalah rapat, daftar hadir anggota dewan, serta undangan rapat.

“Semalam langsung kita sampaikan ke Provinsi” sebut Eka, Rabu (6/10/2021).

Terpisah, Rasyid Ritonga selaku Kabag Otda Pemprovsu saat dikonfirmasi membenarkan, pihaknya telah menerima berkas usulan pemberhentian Hefriansyah dan Togar Sitorus.

“Sudah, sedang kami proses ya,” ujarnya lewat pesan WhatsApp (WA), sembari menyampaikan, proses selanjutnya akan dilakukan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) setelah selesai di Provinsi.

Menanggapi hal ini, Muldri Pasaribu selaku akademisi dari Universitas Simalungun (USI) menilai, DPRD Siantar telah maju selangkah.

“Sementara ini kalau menurut saya, DPRD Siantar telah melakukan hal yang positif. Sebagaimana kita bahas kemarin, pertemuan DPRD dan Susanti Dewayani (Wakil Wali Kota terpilih) pada akhirnya sedikit banyak mendorong dilaksanakannya paripurna,” terang dosen Pasca Sarjana USI ini.

Lanjutnya, ketika hasil paripurna telah diserahkan ke Gubernur, maka berarti DPRD Siantar telah selangkah lebih maju lagi.

“Jadi mari kita ikuti dan cermati saja langkah-langkah yang diambil sampai terwujudnya pelantikan Susanti,” tutup Muldri. (Elisbet)