Pemkab Asahan Sembelih 118 Ekor Hewan Kurban di Hari Raya Idul Adha 

Ilustrasi.

Asahan, Lintangnews.com | Pemkab Asahan akan menyembelih 118 ekor hewan kurban terdiri dari 95 ekor sapi dan 23 ekor kambing pada Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021, Selasa (2007/2021).

“Hewan kurban itu merupakan sumbangan dari Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah (Sekda) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” sebut Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemkab Asahan Rahmat Hidayat Siregar.

Dia mengatakan, dalam momentum pelaksanaan kurban tahun ini, setiap OPD akan menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 dan mengikuti intruksi Bupati Asahan.

Dalam intruksiitu, setiap OPD melaksanakan kurban di dinas masing-masing. Selanjutnya mengantarkan daging kurban ke tempat yang telah ditentukan untuk dibagikan pada masyarakat yang menerima.

Disampaikan juga agar kepada seluruh BKM Masjid/Mushola se Kabupaten Asahan dalam melaksanakan malam takbiran, Sholat led Adha dan penyembelihan hewan kurban dapat mempedomani surat edaran Menteri Agama RI Nomor15 dan 16 perihal protokol kesehatan dan petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M.

Di antaranya, menerapkan prokes secara ketat dan menghindari kerumunan, dilarang melaksanakan takbiran keliling. Takbiran dapat dilaksanakan di Masjid/Musholla dengan jumlah jamaah terbatas.

Selanjutnya, Sholat Idul Adha 1442 H dapat dilaksanakan di Masjid/Musholla dan lapangan terbuka dengan mematuhi prokes, jamaah diharapkan dalam keadaan sehat dan BKM terus melaksanakan pemantauan jamaah yang datang dari luar guna menghindari penyeberan Covid-19.

Lalu jika ada jamaah yang terganggu kesehatannya, BKM segera menghubungi Satgas Covid 19 Kecamatan/Desa/Kelurahan setempat. Penyembelihan hewan kurban agar tidak menimbulkan kerumuman. Panitia qurban agar menyalurkan daging hewan kurban kepada yang menerimanya dan membatasi atau mengurangi mobilitas (tidak mudik tak berpergian ke tempat keramaian).

Rahmat juga menjelaskan, hewan kurban tahun ini sudah melalui pemeriksaan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemkab Asahan. (Heru)