Pemkab Asahan Terima Kunjungan Bakamla RI, Ini Tujuannya 

Bupati Asahan, Surya menyerahkan cenderamata pada Kasubdit Jaringan Bakamla RI, Kolonel Bakamla Suhardi.

Asahan, Lintangnews.com | Bupati Asahan, Surya didampingi Wakil Bupati, Taufik Zainal Abidin terima kunjungan kerja (kunker) Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI), Rabu (18/8/2021).

Ini terdiri dari Kasubdit Jaringan Bakamla RI, Kolonel Bakamla Suhardi, Kasubdit Kerjasama Dalam Negeri, Letkol Bakamla Suhardi Sitepu, beserta rombongan dalam rangka kerja sama dan survei lahan pembangunan Sistem Komunikasi Maritim Stasiun Peringatan Dini Bakamla RI.

Suhardi menjelaskan, untuk melaksanakan tugas dan fungsi Bakamla RI sebagai institusi penyelenggara patroli keamanan dan keselamatan laut, sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 32 Tahun 2014 tentang Kelautan, memerlukan tempat berlabuh Alat Utama Sistem Keamanan Laut (Alutsiskamla) yaitu kapal patroli di seluruh wilayah Indonesia.

“Prioritasnya di wilayah yang membutuhkan perhatian khusus, yaitu wilayah perbatasan langsung dengan negara tetangga,” sebutnya.

Sementara itu Bupati menyampaikan, untuk mewujudkan harapan itu, Pemkab Asahan telah menyiapkan lahan di Desa Silo Baru, Kecamatan Silo Laut seluas 6000 m2 untuk dijadikan sebagai gedung Sistem Komunikasi Maritim Stasiun Peringatan Dini Bakamla RI.

Lebih lanjut Surya berharap, kerja sama ini dapat segera terwujud, sehingga dengan adanya kantor/dermaga Bakamla di Desa Silo Baru memberikan dampak kepada masyarakat berupa eksternalitas ekonomi dan hasil laut ikan dapat memberikan kesejahteraan masyarakat.

Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bakamla RI yang telah mempercayakan Asahan menjadi lokasi stasiun Bakamla RI.

Usai melakukan pertemuan di Aula Mawar Kantor Bupati Asahan, dilanjutkan peninjauan lokasi yang akan dijadikan tempat dibangunnya gedung Sistem Komunikasi Maritim Stasiun Peringatan Dini Bakamla Ri di Desa Dilo Baru. (Heru)