Pemkab dan Polres Asahan Kompak Lakukan Pemadaman Api Karhulta di Sei Kepayang

Sekda dan Kapolres Lakukan Pemadaman Karhutla di wilayah Pasar XX Desa Perbangunan Kecamatan Sei Kepayang Kabupaten Asahan. (heru/LN)

Asahan, Lintangnews.com | Pemkab dan Polres Asahan kompak turun ke lapangan dalam rangka penanganan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhulta) di wilayah Pasar XX, Desa Perbangunan, Kecamatan Sei Kepayang Kabupaten Asahan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar yang ditemui di lokasi karhutla mengatakan, untuk mengatasi kebakaran yang terjadi di Hutan Sei Kepayang, Pemkab Asahan telah mengambil beberapa langkah-langkah.

“Untuk mengatasi kebakaran hutan Asahan kita telah mengerahkan seluruh personil jajaran Pemkab Asahan dengan melibatkan para Organsasi Perangkat Daerah (OPD) guna mengatasi dan mengantisipasi api yang ada dibeberapa titik lokasi Hutan Sei Kepayang,” ujar Taufik, Selasa (24/9/2019).

Dikatakannya, untuk mengatasi kebakaran yang merambat 30 hektar Hutan Sei Kepayang, Pemkab Asahan juga telah membangun dan membuat beberapa kanal-kanal, sumur bor dan mengerahkan satuan pemadam kebakaran.

Sementara itu Kapolres Asahan, AKBP Faisal F Napitapulu, sebelumnya saat mengelar apel menyampaikan, pihaknya akan menuntaskan kebakaran dan masalah kabut asap yang melanda wilayah Kabupaten Asahan.

“Kita mulai hari ini, harus dapat menuntaskan kebakaran yang melanda sekitar 30 hektar Hutan Sei Kepayang Kabupaten Asahan,” kata Faisal dihadapan personil TNI, Polri, Satpol PP, BPBD dan Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Sumatera

AKBP Faisal mengatakan, agar para seluruh personil yang terlibat dalam penanganan kebakaran hutan Asahan dapat menggunakan perlengkapan yang baik dan memadai, terutama harus menggunakan masker. (Heru)