Pemkab Samosir Siapkan Bantuan Darurat Bagi Korban Kebakaran di Habeahan Naburahan

Rumah warga yang dilalap sijago merah beberapa hari lalu.

Samosir, Lintangnews.com | Pemkab Samosir dalam waktu dekat akan menyiapkan bantuan darurat bagi korban kebakaran 6 unit rumah warga Sosor Nangka, Desa Habeahan Naburahan, Kecamatan Sianjur Mula-Mula yang terjadi Minggu (13/6) kemarin.

Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom mengatakan, sudah mengunstruksikan Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial (Dinsos) untuk segera menyiapkan bantuan kepada korban kebakaran.

“Pastikan korban mendapat dukungan tempat tinggal sementara dan logistik yang cukup di tempat kejadian,” ungkap Vandiko segera setelah mendapat kabar kebakaran yang terjadi di Desa Sosor Nangka, Rabu (16/6/2021).

Pemkab Samosir juga sudah mengerahkan 2 unit kenderaan pemadam kebakaran (damkar) ke Desa Sosor Nangka untuk memadam api yang melalap 6 unit rumah warga.

Selain itu, BPPD, Dinsos dan Bagian Kesra Setdakab Samosir segera melakukan instruksi Bupati tersebut. Ini termasuk berkoordinasi dengan Kepala Desa (Kades) untuk menanggulangi dampak yang ditimbulkan dari kebakaran dan memastikan warga korban kebakaran mendapatkan bantuan dimaksud.

“Langkah-langkah pasca kebakaran juga sedang dikaji untuk meringankan para keluarga korban kebakaran sebagai bentuk kehadiran Pemkab Samosir di tengah-tengah masyarakat yang mengalami bencana,” papar Vandiko.

Data dari lapangan korban kebakaran yaitu, Mariden Habeahan (70), Jonta Habeahan (67), Molta Sinaga (65), Mangihut Situmorang (63), Hariono Habeahan (34) dan Tunggul Habeahan (49). (Tua)