Pemkab Taput Berikan Pelayanan KB IUD pada Warga Disabilitas

Kepala Dinas PP, KB dan P3A, Sudirman Manurung mendampingi Tetty Sitompul di RSUD Tarutung usai mendapatkan pelayanan KB.

Taput, Lintangnews.com | Pemkab Tapanuli Utara (Taput) melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas PP, KB dan P3A) telah memberikan pelayanan KB berupa intrauterine device (IUD) kepada Tetty Sitompul (36), Kamis (20/2/2020), bertempat di RSUD Tarutung.

Hal ini sebagai tindak lanjut setelah Bupati Taput, Nikson Nababan menerima informasi terkait pasangan suami istri (pasutri) Abel Sinambela dan Tetty Sitompul warga Desa Parbubu Dolok Kecamatan Tarutung yang merupakan penderita disabilitas.

Nikson langsung menginstruksikan kepada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, bersama Camat Tarutung untuk segera turun ke lapangan dan memberikan bantuan kepada pasutri yang telah dikarunia 3 anak itu.

Dengan adanya komando itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) telah memberikan bantuan susu, obat dan sembako. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) telah memperbaiki dokumen administrasi kependudukan (KK/KTP), Dinas Sosial (Dinsos) sedang memproses untuk pemberian bantuan pendampingan hidup dan Dinas PP, KB dan P3A telah melakukan pemeriksaan untuk pelayanan KB.

Nikson juga berpesan, dengan adanya hal seperti itu, berharap agar semua pihak saling membantu warga yang kesusahan dan tidak perlu saling menyalahkan. Karena menurutnya, di zaman saat ini, bukan saatnya lagi untuk saling menyalahkan.

“Mari saling membantu dengan setulus hati, aksi dan tindakan langsung yang mereka butuhkan bukan sekedar komentar atau kata-kata. Karena ketidakberuntungan saudara kita itu, harus dibawa dalam doa dan berikan uluran tangan tanpa menilai peran pihak lain,” tegasnya.

Kepala Dinas PP, KB dan P3A, Sudirman Manurung yang mendampingi Tetty Sitompul di RSUD Tarutung, berharap penderitaan keluarga ini dapat tertangani dengan baik dan kedepannya keluarga Abel Sinambela akan dapat meningkatkan kesejahteraanya setelah beberapa bantuan yang diberikan.

“Semoga keluarga Abel Sinambela dan Tetty Sitompul dapat membina dan mendidik ketiga anaknya menjadi generasi yang baik,” ucap Sudirman usai pelaksanaan layanan KB tersebut. (Pembela)