Pemko Siantar Dukung Program Peningkatan Kualitas SDM Pelaku Usaha

Wali Kota Siantar, Hefriansyah saat memberikan sambutan (pegang mix).

Siantar, Lintangnews.com | Lembaga Kajian Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan (LKPMP) bekerja sama dengan Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) Dirjen Binalattas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memberikan pelatihan kepada masyarakat Kota Siantar.

Tujuan pelatihan dalam rangka meningkatkan ekonomi, produktivitas, dan daya saing perusahaan, khususnya bagi pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM), Usaha Kecil dan Menengah (UKM), dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Siantar. Pelatihan digelar di Ruang Data kantor Balai Kota, Jalan Merdeka No 6, Senin (20/5/2019).

Wali Kota, Hefriansyah mengatakan, pelatihan merupakan wahana bagi masyarakat pelaku usaha untuk mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai instrument pengembangan SDM yang diharapkan dapat mentransfer pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja produktif. Juga menumbuhkan kewirausahaan yang menjadi modal dasar dalam menjalankan usahanya.

“Pemko Siantar tetap mendukung program mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia bagi pelaku usaha. Sehingga nantinya memiliki dedikasi, kompeten, disiplin, ulet, cerdas, dan handal serta siap kerja dalam mengelola perusahaan dan mengembangkan UKM,” kata Hefriansyah.

Wali Kota menuturkan, dalam menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat dan kompetitif, serta masuknya era globalisasi dan MEA, menjadikan pengembangan SDM menjadi salah satu skala prioritas yang secara konsisten terus dilakukan oleh pemerintah untuk melakukan proses perubahan pola pikir dan perilaku.

“Sudah menjadi sebuah tuntutan dan keharusan apabila seseorang ingin eksis dan berkembang dalam menekuni profesinya. Pemko Siantar fokus dan konsisten serta terus menerus menumbuhkembangkan sektor usaha masyarakat maupun UKM, dengan harapan sektor ini bisa memberikan kontribusi yang lebih signifikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Wali Kota.

Hefriansyah mengapresiasi pelatihan peningkatan produktivitas perusahaan unit UKM yang dilaksanakan. “Kiranya acara ini dapat dilakukan secara berkesinambungan,” tukasnya.

Direktur LKPMP Sumatera Utara, CH Idham Dalimunthe menjelaskan, pelatihan peningkatan produktivitas akan meningkatkan daya jual produk yang selama ini sudah dibina dan dipasarkan di masyarakat. Hingga akhirnya dapat meningkatkan pendapatan ekonomi melalui pelatihan yang didapat nantinya.

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala BBPP Direktorat Jenderal Pembinaan Pelantikan dan Produktivitas Kemenaker, Chaerul Fadhly Harahap, Kadis Ketenagakerjaan, Lukas Barus, Area Manager Bank Mandiri Syariah Siantar, Yulizar Arli, Camat Siantar Martoba Ari S Sembiring dan para peserta pelatihan. (rel)