Pemko Tebingtinggi Bersiap Lanjutkan Vaksinasi Dosis Kedua

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Tebingtinggi, Henny Sri Hartati melakukan pertemuan dengan Liaison Officer (LO) Satgas Covid-19 Tebingtinggi, Binsar Situmorang.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Pemko Tebingtinggi saat ini tengah bersiap menerima kedatangan Vaksin Covid-19 jenis Sinovac yang diperkirakan tanggal 2 Agustus 2021 akan tiba.

Ditemui di Balai Kota Tebingtinggi, Jumat (30/7/2021), Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Tebingtinggi, Henny Sri Hartati mengatakan, jika tidak ada kendala pihaknya akan menerima Vaksin Sinovac dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu).

“Terkait jumlah vaksin, kita mengajukan permintaan sebanyak 10.000 vial (100.000 dosis). Kita berharap, Pemprovsu dapat memberikan (vaksin) dengan jumlah tersebut,” sebutnya.

Henny menyampaikan, seandainya permintaan itu (10.000 vial) tidak dapat dipenuhi seluruhnya, maka diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan vaksin dosis kedua. Pasalnya, masih ada 6.700 orang lagi yang belum divaksin (dosis kedua).

Menanggapi kekhawatiran masyarakat yang belum mendapatkan dosis kedua karena ketersedian vaksin telah habis, Henny menjelaskan, tidak ada masalah jika rentang waktu dosis melebihi 28 hari.

“Perlu kita sampaikan juga, bahwa masyarakat tidak perlu khawatir jika rentang waktu pemberian dosis vaksin melebihi dari 28 hari. Kita sudah memastikan, 28 hari merupakan rentang waktu minimal. Jadi tidak ada masalah jika dosis kedua diberikan setelah melewati 28 hari,” jelasnya.

Terkait pelaksanaan vaksinasi, Henny mengatakan, pihaknya akan langsung melaksanakan jika stok vaksin sudah tiba di Tebingtinggi.

“Jika semuanya berjalan lancar dan tanggal 2 Agustus 2021 vaksin sudah kita terima, maka 4 Agustus 2021 dilanjutkan kembali pelaksanaan vaksinasi. Kita prioritaskan pemberian dosis kedua untuk 6.700 orang,” tutupnya. (Purba)