Pemko Tebingtinggi Lakukan Penyuntikan Perdana Vaksin Covid-19

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Pemko Tebingtinggi melaksanakan vaksinasi tahap pertama, Senin (8/2/2021) bertempat di kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

Turut hadir Wali Kota, Umar Zunaidi Hasibuan, Ketua DPRD, Basyaruddin Nasution, Kapolres AKBP Agus Sugiyarso, Waka Polres Kompol Sarponi serta jajaran Polres Tebingtinggi, Sekretaris Daerah (Sekda), Muhammad Dimiyathi, Ketua Pengadilan Agama dan pejabat lainnya. Vaksinasi langsung dipimpin Kepala Dinas Kesehatan, Nanang Fitra Aulia.

Sebelum pelaksanaan penyuntikan, calon penerima vaksin harus menjalani pendataan dan pemeriksaan kesehatan termasuk tekanan darah. Ini mengingat persyaratan batas umur

Kapolres mengatakan, vaksin Covid-19 ini mudah-mudahan bisa membantu kekebalan tubuh dari Virus Corona.

“Saat disuntik saya tidak merasa sakit sama sekali. Masyarakat tidak usah takut, karena pemerintah itu tetap memberikan yang terbaik kepada warganya,” kata AKBP Agus.

Dirinya juga berpesan kepada masyarakat agar tetap meningkatkan imunitas tubuh dengan rajin berolahraga, serta mengkonsumsi makanan sehat. Termasuk disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) selalu gembira jangan stres dan selalu berfikir positif.

Sementara itu, Wali Kota, Umar Zunaidi mengajak semua unsur agar mensukseskan pelaksanaan vaksinasi di Tebingtinggi. Dia menuturkan, harus yakin, vaksin ini aman dan halal digunakan. Vaksin ini adalah salah satu cara untuk memutus mata rantai Covid-19.

“Vaksin salah satu solusi yang dibuat pemerintah, dengan tujuan melindungi masyarakat. Karena itu saya menganggap inì perlu dan jangan takut divaksin, serta sabar menunggu vaksin,” ujar Wali Kota.

Umar Zunaidi menjelaskan, rencananya untuk tahap berikutnya pada bulan Maret nanti ada fase kedua vaksinasi untuk TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tokoh publik yang selalu berhubungan dengan masyarakat. Selanjutnya untuk fase ketiga akan dilakukan di bulan April 2021 untuk masyarakat.

“Kita targetkan untuk Tebingtinggi kegiatan vaksinasi akan rampung pada akhir tahun 2021 ini. Sehingga dengan demikian mudah-mudahan aktivitas masyarakat dapat berjalan normal kembali,” tegas Wali Kota.

Kegiatan vaksinasi berjalan dengan lancar. Bagi calon penerima vaksin yang dinyatakan belum bisa disuntik karena hasil cek kesehatan tidak memenuhi persyaratan, pihak petugas kesehatan akan menunda penyuntikan. Dan selanjutnya yang bersangkutan akan divaksin setelah cek kesehatannya normal kembali. (Purba)