Dugaan Penipuan, Kasi di Dinas Koperasi Siantar Terancam Diberhentikan Sementara

Kantor Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Pemko Siantar.

Siantar, Lintangnews.com | Dugaan penipuan modus pinjaman Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dengan syarat memberikan modal awal Rp 5 juta-35 juta dilakukan Kepala Seksi (Kasi) Koperasi dan Pembiayaan di Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Pemko Siantar, Hermansyah, membuat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) akan mengambil sikap.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKD, Heryanto Siddik saat dikonfirmasi mengaku, pihaknya akan segera membentuk tim pemeriksa.

“Jika diduga yang bersangkutan melakukan pelanggaran disiplin berat, untuk kepentingan pemeriksaan maka dapat diberhentikan sementara dari jabatannya,” ucapnya, Senin (8/2/2021).

Dijelaskannya, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, tim pemeriksa terdiri dari unsur atasan langsung, kepegawaian dan unsur pengawasan (Inspektorat).

“Nanti kita akan berkoordinasi secara lanjut,” tandas Siddik.

Terpisah, Plt Kepala Inspektorat Pemko Siantar, Junaedi Sitanggang menuturkan, pihaknya telah memanggil Kabid atasan yang bersangkutan.

“Kemarin sudah masuk surat dari mereka (Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan) terkait pemeriksaan kepada Hermansyah,” sebutnya.

Sambungnya, pihaknya akan melakukan penelusuran langsung kepada pejabat terkait di Dinas tersebut.

“Apakah bertindak tunggal, atau memang ada perintah dari atasan. Ini yang akan ditelusuri,” tutup Junaedi. (Elisbet)