Pemko Tebingtinggi Lakukan Recovery Akibat Banjir Sungai Padang

Proses recovery di Sungai Padang, Kota Tebingtinggi.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Pemko Tebingtinggi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan perbaikan tanggul Sungai Padang yang jebol akibat banjir kiriman Jalan Ikhlas, Kelurahan Tanjung Marulak, Kecamatan Rambutan, Kota Tebingtinggi, Selasa (1/12/2020).

Juru Bicara Pemko Tebingtinggi yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Dedi Parulian Siagian mengatakan, saat ini pasca penanganan masalah dampak banjir, Dinas PUPR dan BPBD bergerak melalukan perbaikan tanggul Sungai Padang yang jebol di Kelurahan Tanjung Marulak sekitar 10 m hancur dan sebagian besar terkikis.

“Perbaikan tanggul itu mulai dilakukan hari ini. Perbaikan tanggul harus dipercepat, karena ditakutkan kenaikan air Sungai Padang bisa terjadi kembali menggenangi rumah warga,” jelasnya.

Selain itu, Dinas PUPR juga menurunkan satu unit kenderaan alat berat seperti escavator untuk melakukan penutupan tanggul. Dinas PUPR juga turut melakukan pembersihan Bendungan Bajayu bersama Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumut akibat banjir.

Dedi menuturkan, Pemko Tebingtinggi berharap pekerjaan perbaikan tanggul jebol agar cepat selesai, sehingga masyarakat tidak khawatir lagi dengan banjir kiriman yang meluas hingga daerah yang selama ini tidak pernah berdampak banjir.

“Mari kita sama-sama berdoa agar tidak ada banjir kiriman besar seperti beberapa hari lalu. Masyarakat sekitar juga diharapkan bisa melakukan penghijauan dengan menanam pohon keras agar ketika banjir. Karena akar pohon bisa menahan tanah agar tidak labil,” ucapnya. (Purba)