Pemko Tebingtinggi Peringati Hari Lahir Pancasila

Wali Kota Tebingtinggi menjadi irup pada peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Pemko Tebingtinggi menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni Tahun 2019 yang dipimpin Wali Kota, Umar Zunaidi Hasibuan selaku inspektur upacara, Sabtu (1/6/2019) di halaman kantor Balai Kota setempat.

Mengawali sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP-RI), Hariyono yang dibacakan Wali Kota mengatakan, sebagaimana yang diketahui semua kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan tanah air indonesia.

“Dimana Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa (TYME) buat bangsa Indonesia,” sebut Wali Kota.

Lanjutnya, walaupun sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila. Karena diakui bahwa eksistensi Keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

“Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan, keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus terus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus,” jelas Wali Kota.

Kepala BPIP-RI menuturkan, Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, dimana sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan ‘Bhinneka Tunggal Ika’.

Selanjutnya sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan, sehingga berusaha mengenang momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara. Sehingga 2 bangsa nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa.

Terakhir mengajak bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan.

Hadir dalam upacara itu, Wakil Wali Kota, Oki Doni Siregar, Sekda, Asisten, Staf Ahli, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Bagian, Camat dan Lurah serta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Tebingtinggi. (purba)