Pemko Tebingtinggi Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik

Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan saat menerima penghargaan dari Gubsu Edy Rahmayadi.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Pemko Tebingtinggi menerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) terbaik 1 tahun 2019 untuk tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi kepada Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan pada acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musenbang) Provinsi Sumatera Utara bertempat di Hotel Santika Medan, Jumat (12/4/2019).

Umar Zunaidi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sudah bekerja keras, sehingga Kota Tebingtinggi bisa memperoleh penghargaan tersebut. Dirinya juga berharap, capaian itu dapat menjadi motivasi untuk berbuat yang lebih baik lagi demi kemajuan Tebingtinggi.

Sebelumnya, tim penilai yang diketuai Josi Sukatno telah berkunjung ke Tebingtinggi pada bulan Februari 2019. Dalam kunjungan itu, tim penilai datang terdiri dari pemerintah dan lembaga independen pada prinsipnya tidak hanya menerima laporan, tetapi lebih banyak menilai secara langsung terutama pada bagian pelayanan publik.

Pada saat kunjungan, tim banyak bertanya seputar pelayanan pendidikan, kesehatan dan penanggulangan pengangguran serta upaya yang dilakukan Pemko Tebingtinggi.

Pada saat sesi tanya jawab tersebut tim penilai mendapat penjelasan memuaskan, baik yang disampaikan mewakili masyarakat dan dari pimpinan OPD dan rata-rata memberikan penilaian 80 persen.

Kepala Bappeda Pemko Tebingtinggi, Erwin Suheri Damanik mengatakan, perencanaan pembangunan Tebingtinggi yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) telah disikronkan dengan rencana pembangunan provinsi dan pusat.

Sementara itu, Gubsu menyampaikan rasa syukurnya, karena masih ada yang punya niat membangun Sumatera Utara. Menurutnya, ada program prioritas Pemprovsu yakni peningkatan kesempatan kerja dan berusahan melalui penyediaan lapangan pekerjaan.

Kemudian peningkatan dan pemenuhan akses pendidikan, pembangunan infrastruktur yang baik dan berwawasan lingkungan, penyediaan layanan kesehatan berkualitas serta peningkatan daya saing sektor agraris dan pariwisata.

“Dalam Musrenbang walaupun rencananya tidak banyak, tetapi paling penting harus dikerjakan dengan betul-betul, jangan asal jadi. Kalau dikelola dengan baik, maka Sumut ini bisa menjadi yang terbaik seperti Malaysia dan Singapura,” tegas Edy. (purba)