Pemprovsu Kirim Usulan Pelantikan Susanti Dewayani ke Kemendagri

Wakil Wali Kota Siantar terpilih, Susanti Dewayani.

Siantar, Lintangnews.com | Pelantikan Susanti Dewayani sebagai Wakil Wali Kota Siantar terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, terus bergulir dan semakin menunjukkan titik terang.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi disebut telah menandatangani usulan surat keputusan untuk pengangkatan Susanti ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kamis (7/10/2021).

“Iya sudah ditandatangani,” ungkap Kepala Bagian Otonomi Daerah pada Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprovsu, Ahmad Rasyid Ritonga menjawab wartawan.

Ia pun mengaku, Jumat (8/10/2021) akan mengirimkan usulan dimaksud kepada  Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri melalui aplikasi Sistem Online Layanan Administrasi (SIOLA).

Lanjut Rasyid, dalam hal ini pihaknya hanya meneruskan sesuai kewenangan yang dimiliki. Terlebih sebelumnya, DPRD Siantar telah menggelar paripurna pemberhentian Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Hefriansyah-Togar Sitorus, yang telah lama tertunda dilaksanakan.

“Dengan dasar hasil paripurna DPRD Siantar itu, Pemprovsu akan meneruskan ke Kemendagri. Selanjutnya kita tunggu petunjuk dari pemerintah pusat,” tandasnya.

Sekedar mengingatkan, paripurna pengusulan pemberhentian Hefriansyah-Togar oleh DPRD didasarkan pada surat Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik nomor 131.12/3649/Otda tanggal 4 Juni 2021 kepada Gubernur Sumut yang ditembuskan ke DPRD bersamaan dengan surat pengantar dari Gubsu, Edy Rahmayadi.

Surat ini juga dilandasi pada leputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.21-354 tahun 2021 tanggal 23 Februari tentang pengesahan pengangkatan kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil pemilihan kepala daerah di Kabupaten/Kota di Sumut, yakni telah menetapkan Susanti Dewayani sebagai Wakil Wali Kota Siantar terpilih hasil Pilkada serentak 2020. (Elisbet)