Pemuda Pancasila Simalungun Tuntaskan Program Penyemprotan Disinfektan

Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Simalungun, Elkananda Shah.

Simalungun, Lintangnews.com | Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Simalungun (tingkat MPC, PAC, Ranting, Koti, Sapma dan Srikandi) telah melakukan penyemprotan dan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 atau Virus Corona di seluruh Kecamatan di Kabupaten Simalungun.

Pandemi yang menjadikan timbulnya keresahan itu sontak membuat rasa kepedulian khususnya keluarga besar PP Simalungun mempunyai beban moral untuk kiranya hadir di tengah-tengah masyarakat. Setidaknya dalam mengurangi kecemasan masyarakat, khususnya di Simalungun.

Menanggapi hal itu, Ketua PP Simalungun, Elkananda Shah menginstruksikan pencegahan dengan menggunakan metode penyemprotan cairan disinfektan. Termasuk berkoordinasi dengan seluruh elemen PP mulai dari PAC, Ranting, Koti, Sapma dan Srikandi bekerjasama untuk melakukan kegiatan sosial itu di seluruh Kecamatan.

“PP Simalungun telah melakukan penyemprotan disinfektan di semua Kecamatan melalui seluruh PAC, Ranting, tim MPC dan Korancab. Kita sudah menyelesaikan penyemprotan disifektan ke seluruh Kecamatan. Saya ucapkan terima kasih pada seluruh kader-kader PP yang telah melakukan kegiatan ini secara sukarela dan semangat,” sebut Elkananda, Rabu (1/4/2020).

Diketahui titik fokus penyemprotan 50.000 liter cairan disinfektan dilakukan pada fasilitas umum dan rumah ibadah. Ini menjadi prioritas, dikarenakan tempat umum yang biasanya ramai dari masyarakat merupakan hal  rentan menjadi zona Covid-19 mewabah.

“Sebenarnya kegiatan ini dibuat agar masyarakat paham bagaimana mencegah penyebaran Covid-19 dan cara memotong jalur penyebarannya dengan disinfektan,” papar Elkananda.

Menurutnya, penyemprotan disinfektan bisa dilakukan sendiri di rumah warga maupun rumah ibadah. Pasalnya, banyak bahan-bahannya dijual di pasaran dan harga relatif murah.

“Kuncinya, tempat yang sudah disemprot dibiarkan dulu terpapar dengan cairan disifektan selama 1 jam. Selanjutnya dilap bersih dan dilakukan berulang-ulang atau setiap hari. Ini dikarenakan virus akan muncul lagi apabila ada orang yang terinveksi datang di daerah itu,” paparnya.

Pihaknya berharap, masyarakat sudah mampu mandiri dalam menerapkan metode penyemprotan disinfektan, baik di rumah masing-masing maupun bergotong royong menyemprotkan di rumah ibadah dan fasilitas umum.

Elkananda berharap, kiranya seluruh masyarakat tetap waspada terhadap penyebaran Virus Corona. Termasuk menghimbau pemerintah tetap melakukan kinerja yang optimal dalam memperhatikan ruang lingkup masyarakat, dengan melakukan pengawasan. Pasalnya, banyak oknum-oknum yang mengeksploitasi situasi saat ini dilihat dari beberapa kelangkaan alat kesehatan seperti masker, hand sanitizer bahkan alkohol kadar 70 persen.

“Saya tetap menghimbau seluruh anggota dan kader PP sampai ke tingkat basis untuk tidak santai dan sepele dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini. Juga memerintahkan seluruhnya untuk tetap di rumah saja,” tukasnya. (Red)