Pemuda Papua di Beringin Deli Serdang Ikrar Setia Kepada NKRI

Kapolsek Beringin, AKP Bambang Herianto Tarigan bersama 3 orang pemuda asal Papua.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Tiga orang pemuda asal Papua yang saat ini berdomisili di Desa Emplasemen Kualanamu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, berikrar setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Senin(2/9/2019).

Ketiga Pemuda asal Sorong itu masing-masing, Dandy Imbiri (20), Rein Aupe (25) serta Andi Wanggai (21). Mereka masih berstatus mahasiswa semester I dan semester V di Universitas Victory Papua Barat.

Kebulatan tekad berikrar setia pada NKRI itu mereka ucapkan di hadapan Kapolsek Beringin, AKP Bambang Herianto Tarigan selaku bapak angkat mereka dan tokoh masyarakat setempat.

Rein Aupe mengatakan, mereka datang ke Deli Serdang diajak Tim Manajer Sepak Bola PS Bhineka untuk bertanding di kompetisi Liga 3 Sumut.

“Saya sendiri mengambil jurusan Ilmu Pemerintahan sudah semester V. Sedangkan 2 rekan saya jurusan Ekonomi semester I. Universiras Victory mengijinkan kami untuk mengikuti kompetisi sepak bola ini,” tuturnya.

Mengenai berapa lama mereka tinggal di Deli Serdang, Rein Aupe menuturkan, tergantung sejauh mana hasil yang diraih. Dia menambahkan, selama tinggal di Desa Kualanamu itu tidak pernah mendapatkan tindakan atau perkataan yang rasis dari warga sekitar.

“Bahkan warga sini menyambut kami sangat baik penuh toleran. Adanya kejadian di daerah lain tak mempengaruhi kami selaku pemuda asal Papua. Kmi menyatakan tetap setia pada negara kita bersama yaitu Republik Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu, AKP Bambang Herianto Tarigan menyambut baik kebulatan tekad mereka.

“Pemuda Papua ini merupakan mahasiswa di daerahnya yang kebetulan dipakai menjadi pemain sepak bola dari satu tim yang ikut di Liga 3 zona Sumut. Siapapun orangnya, dari suku manapun kita tetap satu bangsa satu tanah air. Jadi apapun kejadian di luar tidak boleh terjadi di Kecamatan Beringin. Tatanan bernegara, beragama dan berbangsa yang sudah cukup baik di daerah ini harus kita jaga dan kita amankan,” ujar Kapolsek. (Idris)