Pengadaan Kalender Pemkab Simalungun 2017, PPTK Tak Pernah Lagi Dipanggil Kepolisian

Truk mengangkut kalender yang akan dibagikan di Lapangan Adam Malik Kota Siantar.

Simalungun, Lintangnews.com | Pengadaan kalender Pemkab Simalungun senilai Rp 2,7 miliar bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2017 dikelola Sekretariat Bagian Perlengkapan.

Sebelumya, penyidik Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) hanya memanggil oknum Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) yakni, Kabag Perlengkapan di Sekretariatan Pemkab Simalungun, Sabolas Pasaribu sebanyak 1 kali untuk dikonfirmasi.

“Klarifikasi saja mengenai kalender. Ada yang 2 kali dipanggil, kalau saya hanya 1 kali dipanggil ke Krimsus. Dananya Rp 2,7 miliar,” ungkap Sabolas Pasaribu di ruang kerjanya, Rabu (19/9/2018).

Dikatakan, setelah menghadiri pemanggilan, sejak itu penyidik Krimsus Poldasu tak pernah lagi memanggil. “Gak pernah lagi dipanggil. Ada surat panggilannya. Hanya saja untuk klarifikasi mengenai pengadaan kalender,” kata Sabolas.

Menurutnya, penyidik Krimsus Poldasu juga turut memanggil Ketua Pokja (Kelompok Kerja) Pengadaan Kalender, Hamonangan Siahaan dan PPK (Pejabat Pembuat Komitmen), Sonita Damanik.

“Sebenarnya, bukan saya PPK, walaupun menjabat Kabag Perlengkapan. Saya hanya PPTK. Banyak orang salah menduga Sonita Damanik lah PPK. Ikut juga dipanggil Ketua Pokja, Hamonangan Siahaan. Kalau yang melakukan lelangnya pokja, bukan kami,” ucapnya seraya mengaku tidak ada digeledah saat itu.

Tampak salah satu warga Kota Siantar di Lapangan Adam Malik sedang melihat foto-foto di kalender Pemkab Simalungun tahun 2017.

Dia juga mengaku, lebih dari 1 jenis kalendernya. Ada kalender gantung dan diletakan di meja.

“Kalau pendistribusian kalender di Lapangan Adam Malik Kota Siantar, saat pelantikan pengurus Partai Demokrat Siantar-Simalungun, pada bulan November 2017, tak taulah saya,” paparnya.

Lanjutnya, ada ribuan keping (examplar) kalendernya. Sementara mengenai pendistribusian di Lapangan Adam Malik Kota Siantar, Sabolas mengaku tidak tau.

“Kalau pendistribusian, bukan kami (bagian perlengkapan). Ada yang didistribusikan melalui kecamatan dan dinas. Rekanannya, Hutarih Jaya,” ucapnya.

Seperti diketahui, PT Hutarih Jaya sebagai pemenang lelang berdasarkan ketetapan panitia Pengadaan dengan nomor 10/POKJA BARANG/JASA-ULP/KALENDER/SETDAKAB-2017. Selanjutnya, terkait pengadaan kalender ini, tahun 2018 beredar kabar, bagian perlengkapan Pemkab Simalungun digeledah petugas Kepolisian. (zai)