Pengawas Tempat Pemungutan Suara Kecamatan Limapuluh Ikuti Bimtek

Ketua Panwascam Limapuluh, Husnul Zein menyampaikan pemaparannya.

Batubara, Lintangnews.com | Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batubara mengikuti kegiatan bimbingan teknis (bimtek), Minggu (7/4/2019).

Kegiatan itu membahas tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) dari anggota PTPS. Sebanyak 326 orang anggota PTPS mengikuti bimtek yang berlangsung di gedung Wisma Sejahtera Perkebunan Tanah Itam Ulu.

Maruli Hasibuan selaku Komisioner Panwascam Limapuluh menuturkan, PTPS diharapkan dapat bertugas dengan baik. Sebab di tangan PTPS, keberhasilan Pemilihan Umum (Pemilu) dapat diterima, apabila memenuhi adil dan aman.

“Diharapkan tidak ada sengketa berlangsungsungnya pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak dalam pemilihan Calon DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR-RI, DPD dan Presiden dan Wakil Presiden di tahun 2019,” sebut Maruli.

Menurutnya, peran PTPS sangat penting dan jangan sampai salah mengambil keputusan terhadap suatu masalah di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Para peserta bimtek PTPS di Pemilu tahun 2019.

“Awasi, kaji, perhatikan nilai dan melapor ke Panwas Desa. Diharapkan agar PTPS dapat bekerja dengan sesuai tupoksi, dan jangan terjebak dengan ajakan atau rayuan yang dapat membuat kegaduhan dalam Pemilu,” ucap Maruli.

Husnul Zein selaku Ketua Panwascam Limapuluh dalam pemaparannya menyampaikan, PTPS yang dilantik sudah mendapat tugas yang melekat, sehingga harus netral selaku bagian penyelenggara Pemilu di tahun 2019 ini.

Dalam bimtek itu terjadi tanya jawab antara Husnul Zein selaku narasumber dengan para peserta.

Husnul juga berpesan pada seluruh PTPS dapat menjaga kesehatan, sebab jangan sampai ada gangguan, sehingga tidak dapat bertugas di hari H  pelaksanaan Pemilu (wellas)