KPUD Samosir Adakan Pemilu Run 2019 untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Kegiatan Pemilu Run yang dilaksanakan KPUD Samosir.

Samosir, Lintangnews.com | Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Samosir mengadakan kegiatan Pemilu Run 2019, Minggu (7/4/2019).

Kegiatan yang diadakan serentak oleh KPU di seluruh Indonesia itu guna mengajak masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Kegiatan itu diikuti ratusan warga yang diadakan KPUD Samosir di Terminal Onan Baru, Pangururan.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon didampingi Ketua KPUD, Ika Rolina Samosir melepas langsung ratusan peserta Pemilu Run 2019 yang sudah hadir sejak pagi antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Ika Rolina mengatakan, dengan adanya kegiatan Pemilu Run 2019 dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menyampaikan hak suaranya. “Harapannya pemilih bisa kami himbau dapat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 17 April 2019,” ujarnya.

Ika Rolina didampingi 4 Komisioner KPUD menyampaikan, terima kasih kepada masyarakat atas partisipasi mensukseskan Pemilu Run sebagai ajang sosialisasi Pemilu Serentak 2019.

“Ayo berbondong-bondong mendatangi TPS untuk menentukan pemimpin Bangsa Indonesia dan perwakilan rakyat 5 tahun mendatang,” ajak Ika Rolina.

Sementara Rapidin Simbolon  mengajak masyarakat untuk datang berbondong-bondong  ke TPS pada hari pencoblosan, Rabu (17/4/2019), untuk menentukan pemimpin bangsa Indonesia dan perwakilan rakyat di DPD, DPR-RI, DPRD Provinsi/Kabupaten.

Dirinya juga mengajak masyarakat tidak golongan putih (golput), karena dengan waktu 5-10 menit di TPS, masa depan bangsa ada di tangan rakyat. Rapidin berharap, KPUD dapat lebih baik menyelenggarakan kegiatan kepemiluan yang berkualitas.

Ketua DPRD, Rismawati Simarmata mengapresiasi pelaksanaan Pemilu Run. “Semoga dengan kegiatan ini mampu meningkatkan partisipasi kehadiran warga pada hari H Pemilu,” paparnya.

Pemilu Run diawali dengan ibadah singkat yang dipimpin Pdt JM Sinaga dan diikuti ratusan peserta. Sementara tema kegiatan yakni, ‘Melangkah Bersama Melakukan Pemilu Serentak 2019.

Kegiatan Pemilu Run diawali dari Terminal Onan Baru dan finish di kantor BupatiTobasa dengan panjang 5,5 km,. Selanjutnya, di kantor Bupati diadakan hiburan rakyat dan lucky draw. (asri)