Pengcab Kodrat Siantar dan Simalungun Periode 2020-2024 Dilantik

Pelantikan Pengcab Kodrat Kota Siantar dan Kabupaten Simalungun periode 2020-2024, dilakukan Ketua Pengprov Kodrat Sumut, Tasimin.

Siantar, Lintangnews.com | Pengurus Cabang (Pengcab) Keluarga Olahraga Tarung Drajat (Kodrat) Kota Siantar dan Kabupaten Simalungun periode 2020-2024 dilantik Ketua Pengprov Kodrat Sumatera Utara, Tasimin di Convention Hall Siantar Hotel, Jalan WR Supratman, Pematangsiantar, Sabtu (13/11/2021).

Berdasarkan surat keputusan bertanggal 16 Desember 2020 yang dibacakan Sekretaris Kodrat Sumut, Imran Akhmad, Pengcab Kodrat Siantar yang dilantik terdiri Ketua, Parlaungan Purba, Ketua Harian Charles Sormin, Wakil Ketua, Lusamti Simamora dan Amos Panggabean.

Kemudian, Sekretaris, Herman Saragih, Wakil Sekretaris, Imran Ramadhan Siregar, Bendahara, Umum Fernando Saragih, Wakil Bendahara, Alvin Russhelim dan Ilham Siregar, serta sejumlah bidang-bidang.

Sedangkan Pengcab Kodrat Simalungun yang dilantik terdiri Ketua, Sukoso Winarto, Ketua Harian, Ramlan Sinaga, Wakil Ketua, Suherman, Aroji Siagian, Mawari Gultom dan Ustadz Agusman Daulay, Sekretaris, Surianto Saragih, Wakil Sekretaris, Rianda K, Dewi Sartika Saragih dan M Alvin.

Kemudian, Bendahara, Dedi Saputra dan Wakil Bendahara, Gohara. Kedua Pengcab itu dilengkapi dengan penasehat dan pembina.

Parlaungan Purba dalam sambutannya menyebutkan Sumut, mendapat berkah, karena bisa mendapat medali emas dan perak dari atlet Kodrat di Pekan Olahraga Nasional (PON) baru-baru ini.

“Namun, keberhasilan itu menjadi beban, karena Sumut dan Aceh akan menjadi tuan rumah PON tahun 2024. Pencapaian itu harus lebih baik di PON 2024. Mudah-mudahan pencapaian itu menjadi motivasi untuk memunculkan atlet berprestasi berikutnya,” tuturnya.

Ia berharap, kepada seluruh pengurus untuk konsisten sebagai kebangkitan Tarung Drajat di Siantar dan Simalungun.

“Satu hal yang khusus, ini penyakit di semua organisasi dan mudah-mudahan kita tidak setelah dilantik, dapat baju, biasanya bubar. Mudah-mudahan, kita di Tarung Drajat tidak seperti itu dan jadikanlah ini awal dan bukan akhir untuk kebangkitan Tarung Drajat di Siantar dan Simalungun,” harap Parlaungan.

Dia menyebutkan, sesuai yang disebutkan Ketua Panitia, pelantikan itu seyogianya akan dilaksanakan pada Juli 2021, tetapi akibat pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang belum berkesudahan, hingga baru terlaksana saat ini.

Sementara itu, Tasimin mengharapkan perhatian pemerintah daerah memberikan dukungan ke cabang olah raga (cabor) Kodrat dan Pengcab perlu perhatian serius untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

“Bagaimana Tarung Drajat menjadi satu nilai yang layak ditonton, yang menarik dan betul-betul profesional. Ini harapan kita bersama,” ujarnya.

Menurut Tasimin, banyak atlet Tarung Drajat melanjutkan pendidikan setelah tamat SMA ke perguruan tinggi terbaik.

Foto bersama Pengurus Pengcab Kodrat Siantar-Simalungun bersama Kapolres Siantar, AKBP Boy SB Siregar, Ketua KNPI, Hendry Hutapea dan sejumlah undangan.

“Artinya, mereka menunjukkan sang guru mengajari kita. Begitu banyak filosopi arti kehidupan, bagaimana kita bisa menaklukkan diri sendiri, tetapi bukan untuk ditaklukkan orang lain,” tuturnya.

Lanjutnya, banyak pelajaran yang telah disampaikan sang guru, hingga bisa menjadi pribadi-pribadi yang rendah hati, yang unggul dan yang mampu bersaing.

“Sebagai bentuk apresiasi bagi atlet-atlet Kabupaten/Kota yang berprestasi, tingkat SMP melanjutkan ke SMA Plus Yayasan Nusantara, saya akan berikan beasiswa,” tambah Tasimin yang juga Ketua Yayasan SMA Plus Nusantara ini.

Tasimin juga ingin semua cinta kepada Tarung Drajat dan ingin atlet-atlet tidak cari makan di Tarung Drajat.

“Mereka mempunyai masa depan yang jelas, profesional, hingga kelak mereka menjadi pemimpin dengan kebijakan dan kewenangan yang dimiliki, bisa mengembangkan Tarung Drajat di seluruh negeri,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Siantar, Jayadi Sagala melalui Wakil Ketua III Gempar Purba menyebutkan, KONI sedang membenahi administrasi setiap Pengcab. Termasuk meminta kepada Pengcab Kodrat yang baru dilantik menyerahkan berkas-berkas ke KONI untuk diarsipkan, agar keabsahan Pengcab langsung disahkan di KONI.

Menurut Gempar, Sumut dan Aceh akan menjadi tuan rumah PON tahun 2024, para atlet sudah disiapkan dan Pengcab mempersiapkan diri, termasuk Tarung Drajat yang secara khusus para atletnya bisa bertarung di PON setelah Pra PON. Ini karena lokasi pertandingannya di Aceh ada Pra PON, sedangkan di Sumut langsung dan tidak ada lagi pertandingan di Pra PON.

“KONI berharap dan diusahakan, paling tidak satu saja ada di Siantar menjadi tuan rumah PON 2024. Itu perlu dukungan semua pihak termasuk Pemko Siiantar dan fasilitas yang ada akan mendukung. Namun Santar jangan takut, bila ada satu disetujui tuan rumah, fasilitasnya akan dibangun KONI Pusat, dimana dananya akan dikucurkan bagi yang menjadi tuan rumah. Karena itu, kita meminta dukungan semua pihak di Siantar, agar satu cabor bisa menjadi tuan rumah,” harap Gempar.

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemkab Simalungun, Ramadani Damanik mengharapkan Kodrat bisa bersinergi dengan Pemkab Simalungun dan Pemko Siantar.

“Saat ini, banyak kita temui, pemuda-pemuda dan pelajar-pelajar terlibat dalam kegiatan yang merusak dirinya sendiri. Karena itu, kami mengharapkan Kodrat bisa membina pemuda, pelajar dan mahasiswa, karena di dalam olahraga Tarung Drajat terdapat pembinaan mental, akhlak serta kecerdasan, karena untuk menguasai jurus-jurus, haruslah orang yang cerdas,” ujarnya.

Ketua Pengcab Kodrat Simalungun, Sukoso Winarto menyebutkan, setelah dilantik sudah diberikan tugas besar untuk latihan bersama di Paropo, Kabupaten Dairi pada Minggu (14/11/2021) di bawah komando Siantar dan Simalungun sebagai tuan rumah.

“Saya berterima kasih kepada semua yang hadir, mudah-mudahan kerja awal ini merupakan kerja yang terkecil dan bagian yang terbesar, bagaimana Siantar dan Simalungun melahirkan atlet-atlet terbaik, menuju PON 2024 dan internasional,” harap Sukoso.

Pelantikan dihadiri Kapolres Siantar, AKBP Boy SB Siregar, Ketua KNPI Siantar, Hendry Hutapea, pengurus FKPPI dan lainnya. Pelantikan juga dimeriahkan dengan peragaan ilmu bela diri Tarung Drajat. (Elisbet)