Pengurus Ikatan Apoteker Indonesia Siantar Periode 2018-2022 Dilantik

Ketua IAI Sumut diwakili Panal Sitorus saat melantik Pengurus Cabang IAI Kota Siantar periode periode 2018-2022 yang dipimpin Novita Barus.

Siantar, Lintangnews.com | Ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Provinsi Sumatera Utara, Agustama diwakili Panal Sitorus resmi melantik Pengurus Cabang (PC) IAI Kota Siantar periode 2018-2022 yang dipimpin Novita Barus.

Pelantikan dimaksud berlangsung di Siantar Hotel, Jalan WR Supratman, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat, Sabtu (2/3/2019). Hadir dalam pelantikan itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pemko Siantar, Ronal Saragih.

Ketua Panitia, Inggrid Lumbantobing mengatakan, pelantikan tersebut momentum yang dinantikan dan menjadi era baru dalam membangun semangat organisasi.

“Sebagai Ketua terpilih, Novita Barus, kiranya ini momentum memberi semangat bagi kepengurusan baru menyalakan api komitmen dan bertanggungjawab sebagai pengurus IAI 5 tahun kedepan,” ungkap Inggrid.

Pihaknya berharap kepada pengurus yang dilantik, akan melakukan peran bermanfaat untuk masyarakat Siantar, melalui program-program yang fungsioner dan tetap berperan aktif dengan kompetensi.

Ronal Saragih dalam pidatonya mengatakan, akhir-akhir ini banyak sekali regulasi yang dihadapi dalam bidang pembangunan kesehatan.

Para Pengurus Cabang IAI Kota Siantar periode 2018-2022 yang dilantik.

“Namun jangan kita salahkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Memang regulasi itu harus diikuti, dan diharapkan untuk kedepan tidak lagi menjadi permasalahan di tengah-tengah kita untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang baik,” ujar Ronal.

Dirinya berharap, agar kedepannya bisa tetap melakukan pelayanan yang terbaik. Ini termasuk agar para apoteker memenuhi jam tayang atau jam kerja yang telah dijanjikan.

“Kami juga berharap apoteker bekerjasama dengan pemilik apotik. Sampaikan juga kepada pemilik apotik supaya regulasi-regulasi saat ini banyak dipenuhi,” pungkasnya.

Sementara Ketua IAI Sumut, Agustama melalui Panal Sitorus menyatakan, IAI Siantar harus melaksanakan konfercab dalam waktu paling lama 6 bulan setelah konferda IAI.

“Saya mewakili Ketua IAI Sumut berterimakasih kepada IAI Siantar yang telah melakukan konfercab segera mungkin, sehingga roda organisasi dapat berjalan dalam melayani anggota di wilayah masing-masing,” ujarnya.

Panal menuturkan, di Sumatera Utara saat ini ada sebanyak 21 pengurus cabang dari 33 Kabupaten/Kota. Untuk saat ini kedepan, akan terbentuk IAI di Kabupaten Humbang Hasudutan (Humbahas) pada bulan April 2019 dan sekaligus proses pembentukan IAI Serdang Bedagai (Sergai).

Novita Barus dalam kata sambutannya mengatakan, kalau Apoteker masih terasa asing d kalangan masyarakat. Menurutnya, ini menjadi tugas sebagai apoteker, yang bisa dikatakan belum maksimal di tengah-tengah masyarakat khususnya di Siantar.

“Jadi ini menjadi momentum bagi kita untuk berperan aktif di tengah-tengah masyarakat. Saya berharap, Apoteker bisa bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Puskesmas. Melalui pelantikan ini, semua masyarakat bisa memahami apa itu profesi Apoteker dan bagaimana dalam menggunakan obat-obatan. (res)