Perbaikan Jalan Siraituruk Patane I Diusulkan di P-APBD 2019

Kondisi jalan di Siraituruk Patane I.

Tobasa, Lintangnews.com | Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pemkab Toba Samosir (Tobasa), Darlin Sagala mengatakan, perbaikan jalan kabupaten di Siraituruk Desa Patane I, Kecamatan Porsea tidak ada dianggarkan di APBD tahun 2019.

Menurutnya, karena APBD 2019 telah selesai penganggarannya dan ketuk palu, kemungkinan besar akan diajukan di P-APBD. “Ini mengingat anggaran yang terbatas, semoga pengusulan diterima,” kata Darlin, Sabtu (30/3/2019).

Darlin menuturkan, untuk mengurangi resiko kerusakan jalan, maka kemungkinan pembangunan parit lebih dulu dilakukan. Ini agar tidak terjadi genangan air yang mempercepat rusaknya badan jalan yang dibangun.

Sementara itu, masyarakat Siraituruk Desa Patane I menilai jalan lintas Kabupaten itu sudah tidak layak lagi. Diketahui jalan itu menghubungkan sejumlah Desa dan 2 Kecamatan, yaitu, Kecamatan Porsea dan Kecamatan Uluan.

Seperti dikatakan salah seorang warga, Yenti Silaban. Dirinya mempertanyakan, mengapa jalan yang sering dilalui dan dekat dengan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) itu tidak diperbaiki pihak Pemkab Tobasa.

“Khususnya jalan yang rusak merupakan akses utama menuju beberapa sekolah, SD, SMP dan SMA Negeri 1 Uluan dapat dikatakan jalan vital,” sebut Yenti.

Menurut Yenti, salah satu dampak dari jalan rusak itu sudah sering pengendara sepeda motor, terlebih anak sekolah mengalami kecelakaan akibat badan jalan yang dipenuhi lubang.

“Harapannya, semoga jalan itu dapat diperbaiki secepatnya, selain mengurangi kecelakaan juga menambah keindahan sebagai kawasan wisata strategis perioritas,” sebutnya. (asri)

.