Percepat Target Vaksinasi, Tim Nakes Polres Padangsidimpuan Datangi Rumah Warga

Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Juliani Prihartini meninjau kegiatan vaksinasi.

Padangsidimpuan, Lintangnews.com | Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara door to door atau dari pintu ke pintu rumah masyarakat yang digelar Polres Padangsidimpuan terus berlanjut, Minggu (24/10/2021).

Kegiatan menyentuh langsung ke rumah masyarakat itu diadakan dalam rangka memperingati 31 tahun pengabdian Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) tahun 1990.

Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Juliani Prihartini yang memimpin langsung jalannya vaksinasi mengatakan, kegiatan itu diadakan dalam rangka mempercepat pencapaian target vaksin Covid-19 bagi warga ‘Kota Salak’, guna mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok.

Kapolres menjelaskan, ada pun lokasi yang jadi sasaran dari vaksinasi kali ini yaitu di Lingkungan I Kelurahan Panyanggar, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Kemudian, Gang Melati, Kelurahan Sadabuan, Kecamatan Padangsidimpuan Utara. Selanjutnya di Kecamatan Hutaimbaru.

“Selanjutnya di Desa Bargot Topong, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua dan di Aula kantor Desa Manunggang Julu, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, juga kita laksanakan kegiatan vaksinasi,” sebut AKBP Juliani.

Para peserta, kata Kapolres, harus mengikuti beberapa tahapan sebelum divaksinasi. Antara lain, pendaftaran/verifikasi data, pemeriksaan suhu tubuh dan tekanan darah (screening), penyuntikan vaksin, serta pendataan/observasi. Selain untuk vaksinasi, kegiatan itu juga dirangkai dengan pembagian sembako kepada masyarakat.

AKBP Juliani merinci, di Kelurahan Panyanggar sebanyak 19 orang warga menerima vaksin dosis pertama. Di Kelurahan Sadabuan 9 orang warga menerima vaksin, dengan rincian 6 orang dosis pertama dan 3 orang dosis kedua. Di Kecamatan Hutaimbaru, 1 warga terima vaksin dosis pertama. Di Desa Bargot Topong 47 orang warga menerima vaksin, dengan rincian 41 orang dosis pertama dan 6 orang dosis kedua.

“Dan terakhir, di Desa Manunggang Julu 76 orang warga menerima vaksin, dengan rincian 46 orang dosis pertama dan 30 orang dosis kedua. Sehingga, totak capaian vaksinasi kali ini ialah sebanyak 152 warga dengan rincian 113 orang dosis pertama dan 39 orang dosis kedua,” tambah Kapolres.

Sementara itu, masyarakat Nias yang tinggal di pegunungan mengucapkan terima kasih ke Polres Padangsidimpuan, karena telah terjun langsung memvaksin mereka. Masyarakat juga memohon ke pemerintah terkait agar mempermudah akses anak-anak mereka untuk sekolah. (SS)