Peringatan Hardiknas di Pantai Labu Berlangsung Khidmat

Foto bersama Muspika Kecamatan Pantai Labu usai mengikuti peringatan Hardiknas.

Deliserdang, Jajaran Muspika Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang bersama UPT Dinas Pendidikan (Disdik), Kamis (2/5/2019) menggelar peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019 bertempat di SMP Negeri 1 Pantai Labu.

Peringatan Hardiknas itu dihadiri para personil Polsek Beringin, Koramil 23/Beringin, para guru dan ratusan pelajar SD, SMP dan SMA. Camat Pantai Labu, Irawadi Harahap bertindak selaku pembina upacara dan komandan upacara, Surahmat.

Menteri Pendidikan, Muhajir Efendi dalam amanatnya yang disampaikan Irawadi mengatakan, patut bersyukur bangsa Indonesia karena baru saja berhasil melewati tahap perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak pada 17 April 2019 lalu.

“Dilihat dari sudut pandang pendidikan, di dalam Pemilu harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara. Proses belajar pada hakekatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju kedewasaan. Dalam hal ini semakin dewasa berdemokrasi,” sebut Irawadi.

Dia menuturkan, terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional. Ini sesuai thema Hardiknas 2019 ‘Menguatkan pendidikan memajukan kebudayaan’.

Para peserta upacara Hardiknas di Kecamatan Pantai Labu.

Menurut Irawadi, Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 13 menyebutkan, tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Selaras dengan itu,dalam konteks kebudayaan posisi kebudayaan sebagai basis pendidikan nasional semakin kukuh dengan disahkannya UU Nomor 5 Tahun 2007 tentang Pemajuan Kebudayaan serta Kongres Kebudayaan Tahun 2018,” paparnya.

Implementasinya, diharapkan semakin meningkatkan ketahanan budaya meningkatka dalam mengambil peran di tengah perubahan dunia.

Pada peringatan Hardiknas ini jugadiserahkan hadiah kepada juara perlombaan olahraga dan kebersihan tingkat SD, SMP dan SMA oleh Ketua Panitia, Safrizal.

Peringatan Hardiknas itu dihadiri Danramil 23/Beringin, Mayor Inf Makmur Siahaan, Kasubsektor Pol Pantai Labu, Ipda Edi JJ Manalu, Sekretaris Camat, Rusli Ham,UPT Disdik Pantai Labu, Romaito Siregar, Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 1 Pantai Labu, Bambang Suharsono, Kepala KUA, Jayamin Sinaga dan para Kepala Desa (Kades). (idris)