Peringatan Harganas di Kota Siantar Dimeriahkan Jalan Santai Bersama Walikota

33

Siantar, Lintangnews.com | Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVI di Kota Pematangsiantar dimeriahkan dengan kegiatan Jalan Santai Bersama Walikota. Kegiatan yang digelar Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP dan KB) dan berthemakan “Hari Keluarga, Hari Kita Semua” itu dipusatkan di Lapangan H Adam Malik Pematangsiantar, Selasa (16/7/2019).

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar Budi Utari Siregar AP yang membacakan sambutan Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah SE MM mengatakan baru-baru ini Pemko Pematangsiantar menorehkan prestasi.

Prestasi yang membanggakan tersebut yakni menerima tanda penghargaan tingkat nasional, Manggala Karya Kencana. Penghargaan tersebut diberikan oleh pemerintah pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Penghargaan tersebut sebagai bentuk komitmen dan kepedulian yang tinggi dalam menggerakkan program kependudukan dan keluarga berencana (KB). Juga mewujudkan keluarga kecil bahagia di Kota Pematangsiantar.

“Tanda penghargaan disematkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dalam acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI di Banjar Baru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (6/7/2019),” terangnya.

Dalam peringatan Harganas, lanjutnya, seluruh keluarga terkhusus di Kota Pematangsiantar diajak mewujudkan keluarga yang berkumpul, keluarga yang berinteraksi, keluarga yang melindungi, dan keluarga yang peduli.

“Berharap kesadaran kita akan arti penting keluarga, tidak hanya saat hari keluarga nasional, melainkan terus menerus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Peringatan Harganas Kota Pematangsiantar Syahputri Hefriansyah boru Hutabarat menjelaskan, tujuan Harganas ke XXVI Tahun 2019 Kota Pematangsiantar untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan keluarga melalui program kependudukan, KB, dan pembangunan keluarga.

“Serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas di Kota Pematangsiantar yang Mantap, Maju, dan Jaya,” kata Syahputri yang juga Ketua TP PKK Kota Pematangsiantar.

Acara dilanjutkan dengan pelepasan balon dan hiburan marching band dari SMA Negeri 4 Pematangsiantar, tari-tarian lima puak dari Yayasan Pendidikan Sultan Agung, dan pemberian hadiah lucky draw.

Tampak hadir Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Utara Drs Temazaro Zega MKes, para Asisten, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat dan lurah, Kadis PP dan KB drg Rumondang Sinaga MARS, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Sore harinya, acara dilanjutkan dengan pawai parade keliling roda dua yang dilepas oleh Togar Sitorus Wakil Walikota Pematangsiantar. (Elisbet)