Peringati Hari Pers Nasional, PWI Asahan Adakan Lomba Menulis Berita

Kapolres Asahan AKBP Faisal Napitupulu saat menyampaikan materi mengenai berita.

Asahan, Lintangnews.com | Dalam memperingati Hari Pers Nasional tahun 2019 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Asahan adakan lomba menulis berita.

Kegiatan itu diikuti puluhan wartawan Asahan dari media cetak dan  media online. Kegiatan tersebut berlangsung di gedung Kampus STMIK Royal Kisaran, Selasa (19/2/2019).

Dalam lomba itu turut hadir Kapolres Asahan, AKBP Faisal Napitupulu, Ketua PWI Asahan, Indra Sikoembang, Kadis Kominfo, Rahmad Hidayat Siregar, Ketua STMIK Royal Kisaran, Soleh Malawat dan Ketua Yayasan, Anda Putra Lubis.

Dalam sambutannya, Indra Sikoembang mengatakan, kegiatan adalah salah satu wujud untuk menjadikan motivasi, mengasah dan mempertajam ilmu dalam penulisan berita. Tujuannya, agar bisa memberikan berita yang baik tidak berita asal-asalan (hoax).

“Karena dengan memberikan berita yang baik dan benar, dapat membuat masyarakat membaca berita yang kita sajikan. Mudah-mudahan dengan lomba ini, para rekan-rekan bisa mendapatkan banyak ilmu lagi kedepannya,” ungkap Indra.

Sementara itu Rahmad Hidayat Siregar mengapresiasi kegiatan dimaksud. Dirinya juga mengucapkan terima kasih banyak pada para wartawan yang sudah mau mengikuti kegiatan tersebut.

“Karena tahun ini banyak peserta yang mengikutinya, tidak seperti tahun sebelumnya. Mudah-mudahan kegiatan itu terus bisa terselenggara agar dapat menciptakan wartawan yang baik dan banyak disukai masyarakat. Karena saat ini butuh penyajian berita-berita dari para wartawan untuk disajikan ke masyarakat,” kata Rahmad.

Kapolres juga memberikan apresiasi kepada PWI Asahan yang sudah mengadakan kegiatan itu. Dirinya mengharapkan pada wartawan untuk kerja samanya kedepan memberikan berita pada masyarakat dengan berita baik.

“Dalam tahun 2018 ini sudah banyak masalah yang kita tangani di wilayah  hukum Polres Asahan seperti, kasus narkoba, pencurian dan kejahatan lainnnya. Artinya kami juga membutuhkan wartawan dalam hal pemberitaan atas apa yang sudah dilakukan di wilayah hukum,” sebut Kapolres yang juga tampil sebagai narasumber.

AKBP Faisal menambahkan, tanpa adanya pemberitaan dari wartawan, maka masyarakat tidak akan tau apa yang terjadi. “Adanya kerja sama wartawan dengan kami, maka banyak masyarakat tau. Apa yang sudah kami lakukan demi untuk menciptakan situasi aman dan kondusif di Asahan ini,” ungkap Kapolres.

Menurutnya, apalagi seperti saat ini menjelang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg), disayangkan jika ada pemberitaan hoax yang bisa membuat suasana ricuh.

“Dengan kegiatan ini, para rekan-rekan wartawan bisa lebih baik lagi memberikan penyajian berita kepada masyarakat. Untuk menghindari hal-hal seperti itu, jangan lah sampai memberikan berita hoax. Karena adanya berita hoax bisa memecah belah kesatuan masyarakat dalam menyambut Pilpres dan Pileg,” ucap AKBP Faisal.

Lanjut Kapolres, tanpa adanya kerja sama, pihaknya juga tidak bisa bekerja dengan baik, karena wartawan merupakan mitra Kepolisian. “Tindak tegas penjahat dan humanis pada masyarakat,” tutupnya. (handoko)