Peringati Sumpah Pemuda, Ini Kegiatan yang Digelar SMPN 2 Bandar Khalifah

Usai penyerahan hadiah, Kepsek SMPN 2 Bandar Khalifah Pantas Sibaran, Ketua PAC IPK, Williwono Harianja, Ketua Komite, Zaibir Ibra foto bersama dengan para pemenang.

Sergai, Lintangnews.com | Memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober, SMP Negeri 2 Kecamatan Bandar Khalifah, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menggelar Gebyar Sumpah Pemuda Tahun 2018, Senin (29/10/2018).

Ketua Panitia Pelaksana, Irwan Saragih menyampaikan, digelarnya kegiatan Gebyar Sumpah Pemuda ini dengan tema ‘Bangun Pemuda Satukan Indonesia’, dengan membuat suatu kompetisi dalam pencarian bakat dan pentas seni (pensi) seperti, berbalas pantun, vokal solo Lagu Wajib Indonesia Raya, pengucapan UUD 1945 dan berbagai tarian yang dibawakan oleh siswa/i SMPN 2 Bandar Khalifah.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 2 Bandar Khalifah, Pantas Sibarani mengucapkan terima kasih kepada Panitia Penyelenggara Gebyar Sumpah Pemuda di sekolah itu.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini siswa-siswi mengetahui dan menyadari betapa berharganya perjuangan pemuda untuk kemerdekaan RI. Saat ini siswa-siswi juga harus dapat mengikuti jejak pejuang dengan memberikan prestasi terbaik,” papar Pantas.

Lanjutnya, melalui kompetisi ini gelorakan semangat abadi dengan positif untuk menjadi pemuda milenial berprestasi dan bersatu. Selain meraih tahun prestasi, kompetisi ini lanjutnya, sebagai pemelihara kearifan lokal budaya masyarakat Bandar Khalifah yang gemar berpantun.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sergai yang sudah mendukung acara ini, serta turut memerhatikan sekolah kami dengan pemberian 21 unit komputer dan 1 server sebagai sarana penunjang mutu pendidikan,” sebutnya.

Menurutnya, program ini merupakan kegiatan rutin pihaknya dan akan terus dikembangkan agar para siswa-siswi mempunyai bekal yang mumpuni ketika lulus nantinya.

Koordinator Wilayah (Korwil) Disdik Sergai, Julu Sirait menyampaikan, bahwa pihaknya senantiasa mendukung penuh berbagai program inovasi kreatif, khususnya kompetensi pencarian bakat serta pensi yang merupakan perjuangan lebih lanjut para pahlawan terdahulu. Ini guna memajukan generasi milenial baik di kancah lokal maupun internasional.

“Saat ini, para pemuda sudah menjadi generasi penentu, bukan lagi generasi penerus. Berkaitan dengan hal itu, gali lah minat dan bakat serta tentukan jati dirimu. Semoga kegiatan ini dapat memotivasi sekolah-sekolah lain. Kepada para siswa-siswi SMPN 2 ini saya harap terus berkarya dan berinovasi dengan meningkatkan kualitas diri maupun rekan-rekannya,” ucap Julu.

Sementara itu, Camat Muhammad Khairi turut mengapresiasi pihak sekolah maupun Disdik Sergai yang telah bersama-sama menggelorakan budaya berpantun khas masyarakat Bandar Khalifah.

“Kegiatan ini tentunya berperan bagi pembangunan pariwisata Bandar Khalifah yang identik dengan pantun. Saya tekankan kepada para siswa-siswi untuk jangan malu sekolah di kampung. Tunjukkan pada dunia, bahwa sekolah di kampung belum tentu kampungan,” papar Camat.

Pantauan lintangnews.com, kegiatan berjalan lancar dan meriah. Tampak hadir, Sekretaris Camat Bandar Khalifah, Ricard Nainggolan, Ketua Komite SMPN 2 Bandar Khalifah, Zaibir Ibra, Ketua PAC IPK Bandar Khalifah, Williwono Harianja dan beberapa orang tua pelajar

Acara diakhiri dengan penyerahan hadiah bagi pemenang perlombaan berbalas pantun, vokal solo Lagu Wajib Indonesia Raya dan pengucapan UUD 1945. (PS)