Perkada APBD Taput Tahun 2021 Batal Dilaksanakan

Anggota DPRD Taput, Mauliate Sitompul.

Taput, Lintangnews.com | Beredar informasi di Kabupaten Tapanuli Utara terkait pelaksanaan Peraturan Kepala Daearah (Perkada) akibat ketidak sinkronisasian pembahasan APBD Tahun Anggaran (TA) 2021 antara pihak legislatif dan eksekutif akhirnya batal dijalankan.

Hal itu dikatakan salah seorang anggota DPRD Kabupaten Taput dari Partai Nasdem, Mauliate Sitompul di ruang kerja Faksi Nasdem, Senin (18/1/2021).

Mauliate menuturkan, Perkada yang sempat santer di Taput tidak akan jadi dilaksanakan. Ini setelah dirinya dipanggil Ketua DPRD, Poltak Pakpahan dan selanjutnya berkoordinasi dengan Sekretaris Dewan (Sekwan), Irwan Hutabarat.

“Yang kita harapkan agar Perkada itu tidak ada dan dibatalkan. Nantinya yang ada menjadi Peraturan Daerah (Perda),” ujarnya.

Menurutnya, sekira pukul 14.00 WIB ada rapat Badan Musyawarah (Banmus)  antara eksekutif yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda), Indra Simaremare dan Kepala Dinas Pendapatan, James Simanjuntak mewakili Bupati Tt, Nikson Nababan dengan unsur pimpinan dan anggota dewan.

“Salah satu kriteria atau topik pembahasan tentang Perkada yang akan menjadi Perda,” ucapnya.

Jesaya Manalu anggota dewan dari Partai Nasdem yang ikut dalam rapat itu, ketika dihubungi melalui telepon selulernya membenarkan hal tersebut.

Dirinya membenarkan pembahasan Perkada yang tidak jadi dilaksanakan dan Perda akan disahkan. Namun pembahasan menuju tahapan kesana masih akan dilanjutkan kembali pada Kamis (21/1/2021).

“Mudah-mudahan nantinya pembahasan terakhir, maka Perda pun disahkan,” paparnya. (Pembela)