Perum Jasa Tirta I dan PT BDSN Lakukan Aksi Penghijauan di Desa Ombur

128
Bupati Tobasa, Darwin Siagian dan GM PT BDSN disambut tarian tortor.

Tobasa, Lintangnews.com I Kegiatan konservasi penghijauan tahun 2019 oleh Perum Jasa Tirta (PJT) I bekerjasama dengan PT Bajra Daya Sentra Nusa (BSDN) memberikan 12.037 batang pohon kopi, durian, alpukat dan petai kepada 4 Kelompok Tani (Poktan) di Desa Ombur, Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Senin (18/11/2019).

Kepala DJA V PJT I, Didik Ardianto mengatakan, pohon merupakan sumber oksigen dan dapat dikatakan penghasil oksigen yang paling besar di bumi. Didik menuturkan, oksigen merupakan gas yang dibutuhkan manusia untuk bernafas.

“Jika kita bayangkan berapa banyak manusia melakukan aktifitas, untuk itu memerlukan begitu banyak oksigen yang dibutuhkan,” tukasnya.

Lanjutnya, untuk memenuhi stok oksigen agar tidak habis, peran pohon sangat dibutuhkan menghasilkan oksigen di siang hari dari proses foto sintesisnya. Selain itu, pohon dapat menyerap air dan mengunci di akarnya, termasuk menabung debit air di bumi.

Menurutnya, pohon juga secara tidak langsung dapat mencegah terjadinya banjir. Sebab air hujan yang diserap ke dalam tanah mengurangi debit air di permukaan bumi. Sehingga tidak terjadi kelebihan air, banjir, longsor dan kekeringan.

“Salah satu faktor utama, konservasi penghijauan yang kita lakukan untuk melestarikan lingkungan di sekitaran Danau Toba. Ini untuk menjaga debit air Danau Toba selalu dalam kondisi baik dan stabil, sehingga air danau dan habitatnya selalu lestari,” tukasnya.

Didik menuturkan, pohon yang diberikan pada masyarakat Desa Ombur juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Termasuk menuju poktan yang mandiri dan sejahtera.

“Bisa dikatakan peran serta dari PJT I dalam mengentaskan kemiskinan khususnya di Tobasa,” pungkas Didik.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Ombur, Johan Sihombing mengapresiasi bantuan konservasi dari PJT I dan BSDN. Menurutnya, bantuan dipastikan akan meningkatkan ekonomi bagi petani di desanya.

“Ribuan batang pohon kopi, durian, petai dan alpukat beberapa tahun kedepan akan mengentaskan kemiskinan di Desa Ombur,” ujarnya.

Adapun yang mendapat bantuan pohon yakni, Poktan Galung, Poktan Batu Hoda, Poktan Lansang dan Poktan Tapian Nauli. Bantuan yang diberikan berupa durian sebanyak 1.242 batang, jengkol 1.202 batang, alpukat 1.941batang dan petai 1.202 batang dan kopi 6.450 batang. (asri)