Perumda Tirtauli Tanda Tangani Dokumen Persiapan Program NRW dengan IUWASH Plus

Penandatanganan dan serah terima dokumen persiapan program NRW dengan IUWASH Plus.

Siantar, Lintangnews.com | Perusahaan Daerah (Perumda) Air Minum Tirtauli Kota Siantar melakukan penandatanganan dan serah terima dokumen persiapan program Non Revenue Water (NRW) dengan IUWASH Plus.

Kegiatan ini dilaksanakan secara online dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan IUWASH Plus Pusat, Senin (29/3/2021).

NRW adalah sebuah program pendampingan terhadap upaya penurunan air tak berekening atau terjadinya kehilangan air.

Kehilangan dimaksud bisa terjadi karena kebocoran pipa sampai ke meteran pelanggan atau kebocoran pada reservoir. Juga kehilangan yang disebabkan konsumsi air tidak resmi (ilegal), ketidak akuratan meter atau pembacaan meter, serta karena kesalahan pengolahan data.

Melalui kerja sama ini, pegawai Perumda Tirtauli nantinya akan mendapatkan pelatihan perencanaan, operasi dan pengendalian NRW, yang mencakup teknis dan non teknis.

“Perumda Tirtauli siap melaksanakan program penurunan air tak berekening (NRW) secara optimal,” kata Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirtauli, Zulkifli Lubis yang menandatangani langsung dokumen tersebut.

Penandatanganan dan serah terima dokumen persiapan program NRW ini dihadiri Direktur Umum (Dirum), Berliana Napitu, jajaran Kabag Perumda Tirtauli, Dewan Pengawas, Bappeda Pemko Siantar dan mewakili IUWASH Plus Provinsi Sumatera Utara. (Elisbet)