Petani Bawang Sergai dan Deli Serdang Ikuti Pelatihan di Pantai Labu

Pelatihan pada para petani bawang di Kabupaten Serdang Bedagai dan Deli Serdang.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Para petani bawang asal Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dan Deli Serdang mengikuti pelatihan dan penyuluhan tata cara menanam bawang di sentra tanaman bawang di Desa Regemuk, Kecamatan Pantai Labu, Jumat (3/9/2021).

Pelatihan yang dibimbing nara sumber Supriadi selaku Ketua Kelompok Berkah Tani Regemuk itu dihadiri Kepala UPT Pelatihan dan Penyuluhan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Deli Serdang, Ayuni, Widya Swara Madya, Anto Nababan, KJF Dinas Pertanian (Distan), Sucipto, UPT Pertanian Pantai Labu, Ahmad Ghozali, Kepala Desa (Kades) Regemuk, Sofian Edrian dan Penyuluh Pertanian Desa, Muriali.

Ayuni menuturkan, pelatihan dilaksanakan untuk meningkat Sumber Daya Manusia (SDM) para petani bawang di Sergai dan Deli Serdang. Menurutnya, produksi bawang saat ini belum mencukupi untuk wilayah Sumatera Utara. Sehingga dengan pelatihan itu diharapkan akan tumbuh para petani yang bisa meningkatkan produksi bawang yang muaranya untuk menjadikan Sumut sebagai swasembada bawang.

“Dipilihnya Desa Regemuk melalui Kelompok Berkah Tani berdasarkan hasil survei dan penelitian kami. Kelompok ini mempunyai petani andalan dan banyak keberhasilan dalam menanam bawang,” paparnya.

Kades, Sopian Edrian mengucapkan terima kasih pada Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura yang telah menjadikan Desa Regemuk sebagai tempat latihan dan penyuluhan tanaman bawang.

“Terpilihnya Desa Regemuk ini sebagai tempat latihan menjadi cambuk semangat bagi kami untuk meningkatkan tanaman bawang. Ini sekaligus menjadikan Desa Regemuk sebagai sentra bawang,” katanya.

Sementara itu, Sucipto berharap dengan kegiatan itu, para petani di Sergai dan Deli Serdang dapat meningkat SDM nya, sehingga tentunya dapat meningkatkan hasil tanaman bawangnya yang muaranya untuk kesehjateraan para petani. (Idris)