Petani Bosar Bayu Ikuti Sosialisasi Kartu Tani

16
Sosialisasi kartu tani yang berlangsung di Balai Pertemuan Desa Bosar Bayu.

Simalungun, Lintangnews.com | Pemerintah Nagori (Desa) Bosar Bayu, Kecamatan Hutabayuraja, Kabupaten Simalungun, menggelar sosialisasi kartu tani di Balai Pertemuan Tingkat Desa, kemarin.

Sosialisasi kartu tani itu disampaikan Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Edu Sitorus dan dihadiri Pangulu atau Kepala Desa Rotbel Simanjuntak, Ketua Maujana dan Pengurus Kelompok Tani (Poktan).

Tak hanya penjelasan manfaat kartu tani, Poktan juga diberikan penyuluhan pertanian dalam menggunakan pupuk bersubsidi berupa pupuk kimia, pupuk organik dan semi organik sesuai yang didapatkan Edu Sitorus saat mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) pada bulan lalu di Medan.

Edu Sitorus berharap, agar semua pengurus Poktan bekerja keras untuk mendata dan mengumpulkan seperti Kartu Keluarga (KK) dan lainnya dari masing-masing anggota. Sehingga semua anggota Poktan mendapat kartu tani yang akan digunakan pada pertanaman padi di tahun 2019 nanti.

Sementara Rotbel menuturkan, kartu tani merupakan program pemerintah yang bertujuan membantu petani. Menurutnya, langkah ini mengoptimalkan pendistribusian pupuk bersubsidi secara tepat sasaran.

“Marilah kita warga Bosar Bayu yang tergabung dalam Poktan didata secara valid oleh pengurus. Data itu nanti akan disampaikan kepada Pemerintah Desa sebelum disampaikan kepada pihak yang berhak mengeluarkan kartu tani,” kata Rotbel. (binsar)