Pj Sekda Siantar Lakukan Monitoring Pembagian BST Tahap I 

Siantar, Lintangnews.com | Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial (Kemensos) RI senilai Rp 600 ribu untuk setiap Kepala Keluarga (KK) mulai disalurkan PT Kantor Pos (Persero) Kota Siantar.

Bantuan diberikan kepada warga yang terdampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Siantar.

Pj Sekretaris Daerah (Sekda), Kusdianto melakukan monitoring pembagian BST tahap I di kantor PT Pos Indonesia, Jalan Sutomo Ujung, Jumat (8/5/2020).

Kusdianto menerangkan, BST merupakan salah satu bentuk bantuan dari pemerintah pusat dalam membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. “Saya berharap BST sebesar Rp 600 ribu dapat digunakan sebaik-baiknya di masa pandemi ini,” kata Kusdianto.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada PT Pos Indonesia yang dalam pencairan BST sudah melakukan protokol kesehatan dari pemerintah. Seperti menyediakan tempat cuci tangan, petugas penyalur dan penerima manfaat telah menggunakan masker pelindung, dilakukan pengukuran suhu tubuh, serta pengaturan jarak antrean atau physical distancing.

“Kepada masyarakat saya mengimbau untuk selalu mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah, seperti selalu menggunakan masker jika keluar rumah, selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, atau menggunakan antiseptik/hand sanitizer dan jangan mudik,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Pemko Siantar, Pariaman Silaen menjelaskan, BST dari Kemensos RI dibagikan kepada 8.613 KK di Siantar yang tersebar di 8 Kecamatan melalui 3 tahap.

“Hari ini pembagian BST tahap I dengan jumlah penerima 3.454 ribu. BST berupa uang Rp 600 ribu. Penerima BST, data nama dan alamat langsung dari pemerintah pusat yang diambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS,” terangnya.

Salah seorang penerima BST, Rosmita warga Kecamatan Siantar Selatan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah membantu masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Turut hadir dalam penyaluran BST itu, Kepala Kantor PT Pos Indonesia Kota Siantar, Sukianto, serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemko Siantar, Mardiana. (Elisbet)