Pj Wali Kota Tebingtinggi Sidak Pelayanan Disdukcapil dan MPP

Penjabat (Pj) Wali Kota Tebingtinggi, Muhammad Dimiyathi melakukan sidak ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Penjabat (Pj) Wali Kota Tebingtinggi, Muhammad Dimiyathi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke 2 unit pelayanan publik yang berhubungan langsung kepada masyarakat, yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Mall Pelayanan Publik (MPP), Selasa (27/9/2022).

Dimiyathi menjelaskan, sidak ini dilakukan untuk melihat langsung bagaimana pelayanan publik yang diberikan oleh kedua institusi itu.

Saat melakukan sidak di Disdukcapil, Dimiyathi mengungkapkan, pelayanan sudah berjalan dengan ketentuan yang berlaku. Namun, masih terdapat kendala terkait dengan server pusat, sehingga menimbulkan perlambatan pada proses pencetakan dokumen.

“Yang sifatnya cetak-cetak ulang masih bisa berjalan, namun mungkin yang sifatnya up date atau pun perubahan data penduduk, ini yang mengalami kendala, walaupun masih bisa input, tetapi tidak bisa langsung keluar data terbarunya. Yang biasanya sekitar 10 menit bisa keluar, saat ini masyarakat harus menunggu dan saya rasa itu tidak menjadi kendala. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tentunya akan cepat mengatasi masalah ini,” ungkapnya.

Terkait sidak di MPP, Dimiyathi juga menjelaskan, pelayanan berlangsung dengan baik. Dijelaskan Dimiyathi, sidak ke MPP juga turut dilakukan karena MPP merupakan salah satu ikon Kota Tebingtinggi yang melakukan pelayanan publik, baik hal perizinan maupun non perizinan.

“Ini juga kita melakukan sidak, karena salah satu ikon Tebingtinggi. Jadi kita cek ke MPP, masih berjalan dengan baik, gerai-gerainya masih terbuka untuk melayani. Kita cek sampai pukul 11.00 WIB, jumlah pengunjung sudah di atas 75 orang dan ini terus bertambah. Kita melihat masih ada yang menunggu dalam antrian untuk mendapatkan pelayanan,” jelasnya.

Menurut Pj Wali Kota, pelayanan terbanyak masih didominasi oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan Disdukcapil, disusul Gerai Samsat untuk pelayanan pajak kenderaan bermotor.

“Saya kira ini sudah berjalan dengan baik, dan kami minta nanti kepada Kadis yang menangani kedua palayanan publik itu bisa berjalan dengan baik dan pelayanan lebih ditingkatkan lagi,” tutup Dimiyathi. (Purba)