Plh Bupati Buka Festival Seni Nasyid Asahan Tahun 2021

Plh Bupati Asahan, John Hardi Nasution saat melantik Dewan Juri Festival Seni Nasyid Tahun 2021.

Asahan, Lintangnews.com | Pelaksanaan Festival Seni Nasyid Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2021 dilaksanakan di Gedung Tahfidz Masjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran, resmi dibuka Pelaksana Harian (Plh) Bupati, John Hardi Nasution, Rabu (24/2/2021).

Festival Seni Nasyid ini merupakan program pemerintah secara nasional, dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi sampai Nasional.
Diketahui kegiatan ini sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Asahan Nomor : 22-BAG-KESRA-TAHUN 2021 tanggal 10 Februari 2021 tentang pembentukan Panitia Penyelenggara, Dewan Pengawas dan Dewan Juri Festival Nasyid Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2021.

Festival Seni Nasyid Asahan dilaksanakan sejak tanggal 24-27 Februari 2021 dan diikuti 25 Kecamatan, dengan jumlah peserta sebanyak 48 grup, terdiri dari 23 grup putra dan 25 grup putri.

Ada pun Kecamatan yang tidak mengirimkan grup nasyid putra yakni Kecamatan Bandar Pulau dan Kecamatan Silau Laut.

Sebelum memberikan bimbingan dan arahannya, Plh Bupati melantik Dewan Juri Festival Seni Nasyid Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2021 yang dipimpin Rita Nurai Nasution dan beberapa anggota.

John Hardi mengatakan, Kabupaten Asahan secara penuh melimpahkan tugas dan tanggung jawab penilaian kepada para Dewan Juri

“Kami berkeyakinan kepada Dewan Juri telah memiliki pengetahuan yang mapan di bidangnya. Karena itu, para Dewan Juri tidak akan diintervensi oleh siapapun dan pihak manapun dalam melakukan penilaian,” paparnya.

Plh Bupati juga berharap, seluruh peserta yang berasal dari seluruh Kecamatan dapat mengikuti Festival Seni Nasyid dapat tampil dengan bakat dan kemampuan terbaik yang dimiliki.

“Tunjukkan lah hasil latihan selama ini dan manfaatkan kesempatan untuk saling mengenal dan menjalin hubungan dengan sesama peserta yang memiliki minat dan bakat sama,” ujarnya.

Dia mengatakan, Festival Seni Nasyid merupakan sarana evaluasi dan bukan tujuan akhir. Tujuan lebih penting yaitu peningkatan minat generasi muda dalam melestarikan budaya dan kesenian Islam.

Termasuk pengetahuan akan pentingnya Seni Nasyid dalam upaya membangun mental spritual masyarakat. (Heru)