Plt Bupati Asahan Menangis Terharu di Acara Peresmian Masjid Agung Achmad Bakrie

Aburizal Bakrie saat menandatangani batu prasati didampingi Plt Bupati, Surya pada peresmian Masjid Agung Achmad Bakrie di Kota Kisaran. (heru/LN)

Asahan, Lintangnews.com | Peresmian Masjid Agung Achmad Bakrie di Kabupaten Asahan, pada Jumat (29/8/2019), dihadiri keluarga besar almarhum Achmad Bakrie, keluarga almarhum Taufan Gama Simatupang dan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati, Surya.

Plt Bupati dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada keluaraga Bakrie yang telah berkenan datang ke Asahan untuk menghadiri acara peresmian Masjid Agung Achmad Bakrie.

“Saya bangga melihat kehadiran semua keturunan almarhum Achmad Bakrie untuk meresmikan masjid megah yang menjadi salah satu ikon di Asahan ini,” ujar Surya seraya mengungkapkan, pembangunan masjid itu adalah buah pikiran almarhum Taufan Gama Simatupang.

“Pembangunan ini dimulai pada tahun 2011. Alhamdulillah cita-cita almarhum (mantan Bupati Asahan) tercapai untuk membangun masjid megah di Asahan yang memiliki visi misi dia ntaranya religius di masa kepemimpinannya yang saya lanjutkan ini,” ungkapnya terharu.

Surya mengatakan, tanah tempat berdirinya masjid itu adalah tanah pelepasan Hak Guna Usaha (HGU) milik PT Bakrie Sumatera Plantation (BSP) pada tahun 2007 lalu. Dimana pemilik PT BSP mengatakan pada Taufan Gama Simatupang mendirikan masjid megah tidak berhasil.

“Alhamdulillah hari ini kita bersama keluarga Bakrie meresmikannya,” ungkap Surya dan terus meneteskan air mata sembari menceritakan keseriusan Taufan Gama Simatupang untuk mendirikan masjid tersebut.

Surya juga bertekaf di akhir masa jabatannya pada 2021 mendatang, akan berupaya menuntaskan visi misi almarhum yaitu Religius, Cerdas, Sehat dan Mandiri .

Sementara itu, keluarga almarhum Achmad Bakrie melalui Aburizal Bakrie berterima kasih kepada Pemkab Asahan yang sudah melibatkan keluarga mereka dalam peresmian masjid  tersebut.

“Saat itu saya diminta memberikan sebagian tanah milik BSP untuk pembangunan masjid, perkantoran dan pemakaman masyarakat muslim. Dan sekitar 2 tahun lalu, dari media sosial, masjid yang dicita-citakan itu saya ketahui telah berdiri berkat buah tangan almarhum dan Pemkab Asahan,” ujarnya.

Acara peresmian itu dihadiri Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) Kharuddin, Wali Kota Tanjung Balai, Syahrial Batubara, Ketua DPRD Asahan, Benteng Panjaitan, Ketua MUI Asahan, Sekda Taufik ZA Siregar, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, perwakilan dari Polres Asahan dan Dandim 0208/AS. (Heru)