Promosikan Karnaval Pesona Danau Toba, Pemkab Tobasa Gandeng Wartawan

Pelaksanaan Karnaval Pesona Danau Toba beberapa waktu lalu.

Tobasa, Lintangnews.com | Karnaval Pesona Danau Toba (KPDT) sudah menjadi kalender agenda tahunan, dalam upaya peningkatan pariwisata di Kabupaten Toba Samosor (Tobasa), saat ini sudah memasuki tahun keempat.

Kegiatan ini akan diselenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 13-15 September 2019, di Ibukota Kabupaten Tobasa, Balige.

Upaya peningkatan pagelaran KPDT agar lebih semarak dari tahun sebelumnya, Pemkab Tobasa mengajak awak media (wartawan) cetak, elektronik maupun online, agar berkolaborasi penyebarluasan informasi agenda kalender tahunan ini.

“Peran serta wartawan dibutuhkan untuk mensukseskan PKDT ke 4 yang akan dilaksanakan di bulan September 2019. Pemkab Tobasa berharap, wartawan yang bertugas di Kabupaten ini secara bersamaan melakukan pemberitaan yang dapat menjual daerah kita, untuk perkembangan pariwisata,” tutur Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemkab Tobasa, Lalo Hartono Simanjuntak, Jumat (30/8/2019).

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata, Herkules Butarbutar berharap, melalui pemberitaan yang dimuat wartawan terkait KPDT, baik sebelum maupun sesudah pelaksanaan, dapat diketahui masyarakat luas, jika Tobasa memiliki adat, budaya dan tujuan wisata indah yang layak untuk dikunjungi wisatawan.

“Selain dampak dari pemberitaan yang dimuat wartawan di media masing-masing, tentunya akan banyak diketahui masyarakat lokal maupun luar kabupaten. Bukan tidak mungkin akan mendatangkan wisatawan mancanegara,” ungkap Herkules.

Untuk hari pertama, kata Herkules, pada Jumat (13/9/2019) digelar festival kuliner Toba (Toba Cooking Festival), berupa masakan (kuliner) khas masakan Batak, seperti arsik, naniura, panggang dan lain sebagainya, serta berbahan baku ikan, ayam dan ciri khas Batak B2, untuk menunjukkan kearifan lokal makanan Batak.

Untuk hari kedua, diadakan pameran produk ulos dan Usaha Kecil Menengah (UKM) kepariwisataan, serta karnaval mobil hias dan parade kostum adat Batak. Hari terakhir, menampilkan sebuah panggung hiburan yang ditampilkan artis lokal dari sanggar seni. Selanjutnya acara hiburan menampilkan artis ibukota atau nasional.

“Saat karnaval nanti akan dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, sekaligus akan memberikan alat-alat perikanan kepada nelayan di Tobasa,” sebut Herkules.

Adapun pertemuan Pemkab Tobasa dengan wartawan dilaksanakan di ruang balai data, lantai IV kantor Bupati itu dihadiri, Dinas Pariwisata, Asisten II, Jhonpiter Silalahi dan Asisten III, Parulian Siregar. (asri)