Plt Wali Kota Dampingi Kapoldasu Tinjau Vaksinasi Merdeka Anak di Tanjungbalai

Kapoldasu, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak memberikan keterangan pada wartawan.

Tanjungbalai, Lintangnews.com | Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak melakukan kunjungan kerja sekaligus meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun di Kota Tanjungbalai, Jumat (14/1/2022).

Saat peninjauan vaksinasi, Kapoldasu didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota, Waris Thalib, Kapolres, ABKP Triyadi, Danlanal Tanjungbalai Asahan, Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory. Vaksinasi kali ini dipusatkan di SD Negeri 138433, Jalan Al Wathoniyah, Kelurahan Gading, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai.

Ada pun target dalam vaksinasi sebanyak kurang lebih 19 ribu anak yang dilaksanakan di 105 sekolah se-Kota Tanjungbalai.

Saat diwawancara awak media, Kapoldasu menyampaikan, datang ke Tanjungbalai untuk mempercepat Vaksinanasi anak usia 6z11 tahun, yang ditargetkan dalam 2 minggu harus sudah selesai di seluruh daerah di Sumatera Utara.

“Saya sebutkan, dalam penanganan anak sangat mudah, tetapi kesulitan ada pada pelaksanaan vaksinnya itu yang berbeda. Kenapa, karena anak-anak kita sekolah semua, semuanya. Saya tanyakan dengan Kadis Pendidikan, ada kurang lebih 150 an sekolah mulai SD dan setingkat Madrasah se-Tanjungbalai yang menjadi sasarannya,” papar Panca.

Selanjutnya, Kapoldasu juga memaparkan untuk Tanjungbalai target vaksinasi sekitar 19 ribu dan yang telah divaksin sudah mencapai 40 persen.

Dia juga menyampaikan kepada Wali Kota, Kapolres dan seluruh stakeholder untuk bersatu maupun bekerja sama dalam mendukung vaksinasi ini, manajemen vaksinasi menjadi kunci keberhasilan percepatan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

Kapoldasu juga mengatakan, untuk vaksinasi umum dan telah mencapai 70 persen di seluruh Sumut ada 32 Kabupaten/Kota, hanya tinggal Deliserdang yang terus dikejar hingga mencapai targetnya.

Sementara untuk vaksinasi lanjut usia (lansia), ada 2 Kabupaten/Kota lagi yakni Tanjungbalai dan Padang Lawas yang masih di bawah 60 persen, dimana saat ini masih di posisi 59 persen.

“Mudah-mudahan hari ini dan dalam waktu dekat dapat mencapai 60 persen khusus di Tanjungbalai,” jelas Kapoldasu.

Orang nomor 1 di Polda Sumut ini turut memberi apresiasi setinggi-tingginya dan berterima kasih kepada Wali Kota, Kapolres, Dandim, tenaga medis, maupun seluruh pihak yang membantu dalam pelaksanaan vaksinasi atas capaian vaksinasi di Tanjungbalai.

“Percepatan vaksinasi adalah salah satu cara untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Ini sebagai bentuk pemantapan dukungan Polri bersama seluruh pihak baik pemerintah daerah,TNI dan instansi lainnya dalam penanganan Covid-19”, tegasnya

Di akhir peninjauan, Kapoldasu bersama Plt Wali Kota, Kapolres dan Danlanal berdialog serta menghampiri anak dan orang tua pendamping sambil berswafoto sebelum meninggalkan lokasi. (Yuna)