Plt Wali Kota Siantar akan Hadiri Rakernas ke XV Apeksi 2022 di Padang

Flyer kegiatan Rakernas Apeksi yang akan dihadiri Plt Wali Kota Siantar, Susanti Dewayani. 

Siantar, Lintangnews.com | Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Siantar, Susanti Dewayani direncanakan menghadiri acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke XV Asosiasi Pemerintah Kota (Apeksi) tahun 2022 di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Rakernas dengan tema ‘Kota Kita Bangkit, Yang Maju dan Bersinergi’ itu akan berlangsung mulai tanggal 7-10 Agustus 2022.

Hal ini disampaikan Plt Kadis Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemko Siantar, Johannes Sihombing saat dikonfirmasi, Jumat (5/8/2022).

Ia menuturkan dengan mengikuti rakernas itu diharapkan dapat mendukung publikasi dan promosi potensi-potensi di Siantar. Sebab ada berbagai rangkaian acara dan kegiatan dalam rakernas yang dihadiri langsung oleh kepala daerah dan pendamping (pimpinan perangkat daerah).

Seperti Indonesia City Expo, yang merupakan kegiatan pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan kuliner, pameran inovasi unggulan, peluang investasi, brosur maupun leaflet objek-objek wisata unggulan yang akan ditampilkan dan dikoordinir oleh Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, beserta seluruh TP PKK se- Siantar.

Selain itu, Siantar yang dikoordinir oleh Dinas Pariwisata juga berkesempatan menampilkan dan memperkenalkan adat serta budaya lokal di daerah itu. Baik itu dalam bentuk pakaian adat Simalungun ataupun tari-tarian  dalam Karnaval Budaya Nusantara yang  akan diikuti oleh 98 Kota di seluruh Indonesia.

Juga mengikuti seminar nasional ‘Peran Pemangku Kepentingan dan Pengelolaan Sampah Perkotaan yang Berkelanjutan’ dengan pembicara langsung dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang akan dihadiri Dinas Lingkungan Hidup seluruh Indonesia, termasuk Siantar.

“Jadi, masing-masing memiliki acara dan kegiatan tersendiri sesuai dengan bidang tugasnya,” sebut Johannes.

Dilanjutkannya, Plt Wali Kota nantinya akan menyampaikan permasalahan masih adanya sekitar 1.285 pegawai non Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Siantar yang kemungkinan tidak dapat mengikuti seleksi Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK), akibat terkendala kompetensi pendidikan. Padahal, mayoritas mereka sudah mengabdi di Pemko Siantar sekitar 12-17 tahun.

“Dengan diikutinya seluruh agenda kegiatan dalam rakernas Apeksi, diharapkan dapat memperluas dan meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak. Juga dapat meningkatkan perekonomian lokal serta mensejahterakan masyarakat demi terwujudnya Siantar yang Sehat, Sejahtera dan Berkualitas,” sebut. (Elisbet)