PMKRI Siantar Adakan Seminar Nasional dan Deklarasi Kita Indonesia

Seminar nasional dan Deklarasi Kita Indonesia.

Siantar, Lintangnews.com | Berbicara konteks ke Indonesian hari ini, semua pihak diajak untuk tergugah melihat dinamika yang terjadi.

Salah satu yang begitu banyak menguras energi  bangsa ini yakni, apa yang disebut sebagai tahun politik. Tahun ini masyarakat disuguhkan dengan pesta demokrasi yang begitu kompleks.

“Kita selaku masyarakat sipil diajak untuk turut serta berpartisipasi memilih baik itu Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota,” sebut Ketua Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Siantar, Alboin Samosir melalui pesan tertulisnya, Kamis (11/4/2019).

Menurutnya, ketidakmampuan untuk menghadapi tahun politik ini terlihat lahirnya polarisasi di masyarakat. Justru cenderung menyerang satu sama lain, membentuk koloni sendiri, bahkan menimbulkan kericuhan di antara para pendukung pasangan calon (paslon).

Alboin menuturkan, ini tak luput media sosial (medsos) juga menjadi wadah untuk berperang antara pendukung yang satu dan yang lain. Hoax, Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA), serta propoganda buruk sering menjadi senjata yang digunakan.

Menurutnya, melihat situasi yang terjadi di masyarakat, PMKRI Siantar melihat perlu diadakannya edukasi sosial politik terutama kalangan muda dan juga mahasiswa, agar terpanggil menjadi agen-agen di tengah-tengah masyarakat yang turut serta pro aktif menyuarakan tentang politik beradab, politik akal sehat dan perdamaian.

Salah satu kegiatan yang akan dilakukan PMKRI Siantar yakni, mengadakan seminar nasional yang bertemakan ‘Peran kaum millennial dalam menciptakan Pemilu yang jujur, aman dan damai’.

Kegiatan itu bekerja sama dengan pengurus PMKRI Pusat, Santcus Thomas Aquinas. Di mana kegiatan serupa sudah dan akan dilakukan di beberapa daerah di Indonesia.

Kegiatan itu akan dilaksanakan pada Sabtu (13/4/2019) di aula Universitas HKBP Nommensen Siantar. Ada beberapa pembicara yang akan mengisi kegiatan itu yakni, Wali Kota Hefriansyah Noor mewakili pemerintahan, Daniel Sibarani, mewakili KPUD, Sanggam Siahaan selaku Rektor Universitas HKBP Nommensen (akademisi) dan Thomson Sabungan Silalahi sebagai Sekretaris DPP PMKRI sekaligus tokoh muda.

Diakhir kegiatan akan diadakan pembacaan deklarasi ‘Kita Indonesia’ oleh seluruh peserta yang hadir. Melalui pembacaan deklarasi itu, kaum muda dan mahasiswa mampu menyampaikan pesan-pesan perdamaian pada seluruh masyarakat Siantar terkait perlunya menjaga kesatuan dan keutuhan bangsa demi terciptanya Indonesia yang dicita-citakan.

Ditambahkan mahasiswa USI ini, keesokan harinya PMKRI Siantar bersama pengurus pusat akan mengadakan kegiatan berbagi kasih di Panti Asuhan Asyiyah Muhammadiyah, Kecamatan Siantar Utara.

PMKRI Siantar akan menyumbangkan beberapa perlengkapan sekolah dan sembako. Melalui kegiatan berbagi kasih itu diharapkan mampu memperkuat tali silaturahi dan tali persaudaraan sesama anak bangsa. (elisbet)