Polres Asahan Musnahkan Ribuan Butir Ekstasi, Sabu dan Ganja

Kapolres Asahan, AKBP Faisal Napitupulu memusnahkan narkotika jenis ekstasi dengan cara diblender.

Asahan, Lintangnews.com | Polres Asahan gelar pemusnahan narkotika jenis sabu, ganja dan ribuan butir pil ekstasi disaksikan langsung Kapolres, AKBP Faisal Napitupulu didampingi Bupati, Surya dan Forum Koodinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Jumat (14/2/2020).

Selama tahun 2019, Polres Asahan mengungkap sebanyak 314 kasus dengan tersangka 421 orang. Barang bukti yang diamankan dengan rincian, ganja sebanyak 4.754,91 gram dan 4 batang ganja, sabu 5.279,319 gram dan 2.193 butir ekstasi.

Sementara tahun 2020 ini, Polres Asahan berhasil mengungkap 40 kasus narkoba, dengan tersangka sebanyak 58 orang. Rincian barang bukti narkotika berupa sabu 591 gram dan ganja 13,68 gram.

Adapun tindakan Polres Asahan untuk menggagalkan peredaran narkoba di wilayah hukum (wilkum) nya dengan sosialisasi terhadap masyarakat tentang bahayanya narkoba, melakukan penangkapan, tindakan tegas dan terukur bagi pengedar barang haram itu.

Dari banyaknya barang bukti narkotika jenis ganja, sabu dan ekstasi yang telah diamankan Satuan Reserse Narkoba Polres Asahan diperkirakan bernilai miliaran rupiah.

Kapolres mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur, baik Forkopimda Asahan dan kalangan masyarakat yang telah mendukung dalam pemberantasan narkoba di wilkum Polres Asahan.

“Ini semua tidak terlepas dukungan masyarakat dan TNI/Polri, sehingga berhasil diungkap Sat Narkoba dan kita tau narkoba merupakan musuh negara,” ujar AKBP Faisal.

Dia juga menjelaskan, wilkum Polres Asahan sangat rawan narkoba, karena berbatasan langsung dengan pantai dan laut yang menghubungkan ke negara luar.

“Kami selalu berupaya agar dibentuk Satpol Airud Polres Asahan untuk menghadang pemasukan narkotika di Asahan. Kini kita sudah berhasil membentuk Satpol Airud atas kerja keras kita semua, terutama Bupati, DPRD Asahan dan DPRD Provinsi Sumatera utara

Menaggapi hal itu Bupati Surya mengatakan, pihaknya akan selalu mendukung Polres Asahan dalam pemberantasan narkotika di Asahan.

“Forkompinda Asahan selama ini cukup kompak dan solid, sehingga setiap ada masalah selalu bisa kita selesaikan dengan baik dan narkotika menjadi musuh bersama,” ujar Bupati. (Heru)